MEDAN-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin  kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Balitbang-Sumut). Kerjasama perihal pengembangan dunia riset itu juga dilakukan UMSU dengan Dewan Riset Daerah Sumatera Utara (DRD-Sumut).
 
Komitmen kerjasama ini dikukuhkan melalui penandatangan Memorandum fo Understanding (MoU) oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP, Kepala Balitbang Sumut Dr Ir HMA Effendy Pohan Msi dan Ketua DRD Sumut Prof. Dr. Harmein Nasution MSIE PhD.
 
Penandatangan MoU dilaksanakan di Aula Pascasarjana UMSU, Jalan Denai Nomor 217 Medan, Selasa (14/8/2018).
Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengatakan, bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi dewasa ini tidak cukup hanya sebatas melaksanakan proses pembelajaran klasikal semata, tapi harus ada kejelasan output yang dihasilkannya.
 
Dari itu, kata Agussani, UMSU berkomitmen untuk maksimal, mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi  yang salahsatu pilarnya adalah bidang 'Penelitian dan Pengembangan'. Ia mengungkapkan, beberapa tahun terakhir ini UMSU telah membuktikan komitmennya, terutama dengan membuat kebijakan konkrit dan pengalokasian dana yang maksimal untuk mendukung pengembangan riset ini.
 
"Bahkan sesuai amanat Majlis Dikti Litbang PP Muhammadiyah  setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) itu wajib mengalokasikan anggarannya sebesar 5 persen untuk penelitian dan pengembangan. Maka dari itu, tahun ajaran ini UMSU mengalokasikan 2 milyar rupiah untuk pengembangan riset," ungkapnya seperti dihimpun GoSumut. 
 
Berangkat dari hal inilah , Agussani menegaskan pihaknya sangat membuka diri dan antusias melakukan pelbagai bentuk kerjasama terkait pengembangan riset tersebut, termasuk dengan Balitbang Sumut dan Dewan Riset Daerah Sumut.
 
"Mudah-mudahan, dengan jalinan kerjasama ini kita mampu bersinergi untuk membangun semangat bersama mengembangkan dunia riset, khususnya di daerah yang kita cintai ini," tegasnya. Sementara itu, , Kepala Balitbang Sumut Dr Ir HMA Effendy Pohan Msi menyambut baik dan mengapresiasi kerjasama ini. Ia berharap, kedepan kerjasama ini tidak cuma berhenti di atas kertas dan acara serimonial saja.
 
"Tapi juga harus bisa direalisasikan dalam program-program nyata sehingga kontribusinya nantinya dapat langsung diaplikasikan dalam kebijakan daerah dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat," harapnya. Selain itu, Effendy mengatakan, sejauh ini sudah ada perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan institusi yang dipimpinnya.
"Kita sangat menyadari, keberadaan perguruan tinggi dalam dunia penelitian itu sangat vital dan strategis. Perguruan Tinggi adalah dapurnya dunia riset," kata Effendy.
 
Hal senada juga disampaikan Ketua DRD Sumut Prof. Dr. Harmein Nasution MSIE PhD ketika didaulat memberi sambutan. Ia mengatakan, bahwa Perguruan Tinggi yang dikelola oleh organisasi Muhammadiyah sudah tidak perlu diragukan kredibilitas dan kualitasnya. Karena, kata dia, selama ini keberadaan PTM dalam dunia pendidikan nasional cukup berperan."Oleh karena itu, adalah sebuah kehormatan bagi kita bisa menjalin kerjasama ini dan kita optimis akan bisa membawa manfaat bagi kemajuan dunia penelitian di Sumatera Utara," kata Harmein.
 
Pantauan di lokasi, ini tampak hadir WR I UMSU Dr Muhammad Arifin SH MHum, WR III Dr Rudianto Msi, Sekretaris Universitas Gunawan SPdi MTH, Direktur pascasarjana Umsu Dr Syaful Bahri MAP serta civitas akdemika lainnya.