JAKARTA - Meski sempat tertunda, Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) dengan seluruh pengurus partai pada Kamis (9/8) mendatang. Rencananya, dalam agenda ini sekaligus diputuskan soal rekomendasi capres dan cawapres di Pilpres mendatang.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut, agenda itu nantinya akan mendengarkan hasil rapat pleno dari pengurus partai dari kabupaten/kota sampai dengan provinsi soal dukungan di Pilpres. Hasil itu pun nantinya akan dirumuskan dalam satu rekomendasi dari PAN.

"Jadi, kalau Rakernas besok harus jelas dong siapa yang diputuskan capres dan cawapresnya," kata Zulkifli di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/8).

Di sisi lain, kata Zulkifli, pihaknya belum bisa memastikan, hasil rakernas memutuskan partainya itu akan tetap di gerbong pendukung Prabowo Subianto, atau berpindah haluan. Berbagai pertimbangan nantinya akan didiskusikan pada saat rakernas.

"Jangan sampai nanti kita putuskan (dukungan pilpres) tapi begitu waktunya (pendaftaran) beda. Makanya rakernas lagi," ungkapnya.

Dia menegaskan, saat ini partainya itu tak mempersoalkan tentang nama cawapres. Ia pun menyebut, permasalahan cawapres harus dicari jalan tengahnya.

"Karena kalau kita ngotot kan yang lain juga ngotot ya. Kalau ngotot semua gimana, kan wakilnya cuma satu? Mungkin jalan tengah dicari yang bisa memperkuat kandidat, tapi tidak berparpol. Itu kan perlu waktu," pungkasnya.***