MEDAN-Guna menuntaskan laporan Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Arnita Rodelina Turnip, Ombudsman RI akan mengunjungi Institut Pertanian Bogor (IPB). Kunjungan yang akan dipimpin Ombudsman RI pusat dan diikuti Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Senin 6  Agustus 2018. 
 
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar menjawab GoSumut mengatakan, kunjungan ini bagian dari prosedur yang harus ditempuh Ombudsman dalam memastikan kepada pihak IPB apakah status Arnita Rodelina Turnip sudah resmi diaktifkan kembali sebagai mahasiswa IPB dengan status sebagai peserta BUD Pemkab Simalungun. 
 
Meskipun secara informal IPB sangat membantu dan sudah menjelaskan kepada Ombudsman. "Kunjungan Ombudsman ke IPB ini sebagai bagian akhir dalam penyelesaian laporan yang disampaikan Lisnawati ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut agar anaknya Arnita segera diaktifkan kembali di IPB," ujar Abyadi Siregar. 
 
Sebagaimana kita ketahui, lanjut Abyadi, Pemkab Simalungun sudah menyelesaikan masalah ini secara kooperatif dan baik dengan membayarkan seluruh tunggakan uang kuliah tunggal (UKT) Arnita. Pemkab juga sudah menyatakan mengaktifkan Arnita sebagai peserta BUD Pemkab Simalungun hingga menyelesaikan studinya di IPB. 
 
"Jadi, ini adalah permintaan Lisnawati saat melapor ke Ombudsman. Dan ini sudah selesai. Karena itu, kita ingin akhiri masalah ini dengan kunjungan ke IPB untuk mengetahui apakah sudah diaktifkan atau tidak, meski secara resmi IPB sudah membuat penjelasan resmi," jelas Abyadi Siregar.
 
Abyadi menerangkan, selain berkunjung ke IPB, selanjutnya pada hari Selasa 7 Agustus 2018, Ombudsman juga akan menyerahkan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) kepada Disdik Simalungun di Kantor Ombudsman RI di Jakarta.
Untuk acara ini, Ombudsman sudah mengirim surat undangan resmi kepada Kadisdik Simalungun.
 
Ombudsman Sumut juga sudah koordinasi secara langsung by phone dengan Kadisdik.  "Sesuai penjelasan Pak Kadis, beliau akan hadir langsung. Tapi bila tidak bisa langsung, beliau sudah menjelaskan diwakilkan oleh Sekretaris Disdik. Kita berharap semua lancar," terang Abyadi.