PALAS -  Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Sibuhuan,Kabupaten Padang Lawas. Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melaksanakan kegiatan Survei Simulasi Akreditasi Rumah Sakit SNAR Edisi I tahun 2018.  Acara berlangsung Rabu sampai Jumat(3/7/2018) diawali dengan pemaparan oleh Direktur RSUD Sibuhuan.

Dilanjutkan dengan telusur manajemen, data rekam medis serta telusur ruangan dan bagian terkait yang berhubungan dengan pelayanan rumah sakit.  Untuk bidang medis, tim KARS menekankan pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang dimulai dengan identifikasi pasien dengan tepat, peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai dengan memastikan kembali label obat yang high alert dan obat-obatan yang mirip penyebutan dan tampilannya.

Dalam hal pengurangan risiko infeksi, ditekankan untuk melakukan cuci tangan yang sesuai dengan memperhatikan pada 5 moments yang telah ditetapkan WHO. Begitu juga dengan pelatihan rutin serta sertifikat bukti telah mendapatkan perlatihan PPI.
 
Direktur RSUD Sibuhuan  dr  Elni Rubianti Daulay menjelaskan, survei simulasi akreditasi ini dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan akreditasi rumah sakit dengan lebih baik,sehingga rumah sakit bisa akreditasi paripurna. 
 
Elni  mengajak, seluruh pegawai agar melaksanakan simulasi ini dengan sungguh-sungguh dan mengganggap bahwa ini adalah survey yang sesungguhnya. "Setelah survei simulasi, rumah sakit akan menghadapi survei akreditasi RS yang waktunya ditentukan pihak KARS ,setelah hasil survei simulasi keluar,"terang Elni 
 
Menurut Tim Survei dari Kars DR.drg.Subidyo M.Kes dan Suparlan S.Kep.NS mengatakan, bahwa antusiasme dan semangat staf rumah sakit sangat tinggi  dalam acara survei simulasi ini. Oleh karena itu, kita berpesan untuk selalu komitmen untuk menyukseskan akreditasi,kata Subidyo 
 
Sebelumnya kedatangan  Tim Survei KARS DR drg Subidyo .M.Kes dan Suparlan .S.Kep.NS disambut Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap dan Wabup drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu di pendopo rumah dinas Bupati jalan Ki Hajar Dewantara dengan acara adat pemberian ulos dilanjutkan dengan makan bersama.