TEBINGTINGGI - Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, MM memberikan apresiasi kepada para legislator kota itu.

Sikap penghormatan atas kinerja itu terkait, kerja keras para wakil rakyat itu dalam membahas , menyusun Anggaran Pandapatam Asli Daerah (APBD) tahun 2017.

Kendati menorehkan minimnya pendapatan dan beberapa catatan dari mereka , Namun Walikota tidak menampiknya. Malah Pentolan nomor satu kota lemang itu berjanji akan membuat strategi peningkatan pendapatan. Sektor Pajak dan Retribusi pun dipilih menjadi andalan utama untuk mendongraknya.

Sikap dan pernyataan Walikota diucapkan dalam sidang Paripurna DPRD dalam acara pengambilan keputusan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Senin (30/7) diruang Sidang Paripurna DPRD JL Dr Sutomo Tebingtinggi.

Sidang pagi itu terkait laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan (LPP) APBD tahun anggaran 2017 yang disetujui menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Dalam pandangan hasil rapat dengan pihak eksekutif, pihak DPRD yang dibacakan Asnawi Mangkualam menyatakan apresiasi atas kinerja aparatur pemerintah dalam pelaksanaan APBD dengan torehan hasil serapan anggaran mencapai 80 persen.

Namun angka itu , menurut Legislator muda itu, perlu ditingkatkan. Kepada para Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), peningkatan kinerja kiranya menjadi tolak ukur utamanya.

Dihadapan pimpinan Ketua sidang Muhammad Yuridho Chap, serta Wakil Ketua Chairil Mukmin Tambunan , Walikota Tebingtinggi IR H Umar Zunaidi Hasibuan,MM , anggota DPRD dan para undangan lainnya, Terkait bidang ketahanan pangan.

Asnawi mengakui cuma ada satu Kelurahan yang memiliki Klaster tanaman sayur organik.

Kelurahan dimaksud adalah Keurahan Lalang. Pentolan Muda itu menilai bahwa klaster itu dapat dikembangkan. Pihak wakil rakyat itu meminta, agar Dinas Pertanian bisa mengembangkan hasil tanaman itu ke kelurahan lain.

“Ini merupkan kemajuan yang lauak dibanggakan, coba kembangkan terus ke Kelurahan lainnya,” Pinta Asnawi.

Selanjutnya dalam session nota jawaban DPRD, atas nota Pengantar Walikota, 5 Fraksi diantara Fraksi Golkar dibavakan Pahala Sitorus, F Gerindra Husein, F Demokrat, Fraksi Nurani Bersatu Sofiani, dan Fraksi lainnya.

Secara keseluruhan ke lima fraksi menyatakan setuju terkait pembahasan Ranperda LPP APBD tahun 2017 menjadi Perda.

Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Muhammad Yuridho Chap menegaskan, dinyatakan bahwa Pembahasan Ranperda tentang LPP Kota Tebingtinggi tahun anggaran 2017 syah di nyatakan menjadi Perda. ***