MEDAN-GO-JEK kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para mitra driver dengan memperkuat program GO-JEK SWADAYA. Setelah dua tahun diluncurkan, GO-JEK SWADAYA memiliki semakin banyak ragam inisiatif dan manfaat yang dapat diakses oleh para mitra driver. Melalui program ini, mitra driver mendapat akses pengelolaan keuangan, yang meliputi diskon kebutuhan operasional, cicilan ringan, akses layanan jasa keuangan seperti perbankan dan asuransi, serta akses terhadap penghasilan tambahan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

 

Dalam diskusi GO-JEK SWADAYA #HidupLebihRingan hari ini di Medan, Edy Tan, Strategic Regional Head GO-JEK Sumatera mengatakan, “Lebih dari satu juta mitra driver bergabung dan mencari nafkah untuk dirinya dan keluarga melalui platformyang kami sediakan. Namun, membantu mencari nafkah hanyalah separuh dari perjuangan GO-JEK. Sebagaitechnology enabler, kami terus berupaya mengusahakan para mitra driver untuk dapat meningkatkan kesejahteraan melalui berbagai cara. Melalui GO-JEK SWADAYA, kami secara proaktif bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan berbagai akses yang dibutuhkan, meliputi keringanan dalam biaya pengeluaran operasional, proteksi dan perlindungan finansial, serta perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.”

Dalam merancang program-program GO-JEK SWADAYA, GO-JEK senantiasa melakukan survei lapangan serta mengadakan diskusi dua arah untuk mengetahui aspirasi dan kebutuhan utama para mitra driver. “Dari hasil temuan lapangan, terhitung ribuan mitra driver Medan telah terdaftar sebagai penerima manfaat proteksi keselamatan kerja serta puluhan lainnya telah mampu mencicil rumah dengan biaya yang sangat terjangkau. Dan kami optimis bahwa angka penerima manfaat ini akan terus bertambah,” ujar Edy.  

 Bantu Tekan Pengeluaran Hingga Cicilan Terjangkau

Guna membantu mitra menekan pengeluaran operasional, GO-JEK juga menghadirkan ragam inisiatif dalam meringankan pengeluaran sehari-hari para mitranya dengan menggandeng berbagai pihak seperti Telkomsel dan Shop & Drive. Ini karena pengeluaran operasional seperti pulsa dan perawatan kendaraan adalah pos pengeluaran yang harus mereka keluarkan secara berkala. “Kami bekerja sama dengan beberapa rekan yang memiliki visi yang sama yaitu memberikan kesejahteraan yang berkesinambungan bagi para mitra. Salah satunya melalui potongan atau diskon yang sangat bermanfaat untuk para mitra,” ujar Edy.

Edy mencontohkan kerja sama GO-JEK SWADAYA dengan Telkomsel yang memangkas harga paket internet hingga 50% dengan manfaat paket internet yang juga lebih lengkap sesuai kebutuhan mereka hanya dengan Rp 75.000.

Lebih dalam mendiskusikan Program #HidupLebihRingan, Edy juga menambahkan bahwa GO-JEK juga berupaya membantu mengatur pemasukan dan pengeluaran mitra sehingga mereka dapat meraih kemantapan finansial untuk kebutuhan lainnya. “Untuk meningkatkan kesejahteraan mitra dan keluarga, kami juga memberikan akses Tabungan Pendidikan serta Tabungan Umroh dan Haji yang berkerja sama dengan beberapa partner dari institusi perbankan,” tambah Edy. 

Tak hanya itu, GO-JEK SWADAYA juga mampu membuka akses pada layanan keuangan termasuk akses kepada para mitra untuk memiliki rumah idaman mereka melalui skema cicilan KPR harian.  “Hanya dengan Rp 48.000 rupiah per hari, para mitra driver dapat memiliki rumah idaman mereka. Para mitra driver dapat dengan mudah memanfaatkan program GO-JEK SWADAYA yang ada pada aplikasi driver mereka untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR). Sampai saat ini, sudah lebih dari 400 mitra driver telah melakukan serah terima kunci rumah idamannya” ujar Edy.

 Dorong Inklusi Keuangan untuk Kalangan Mitra Driver di 66 Kota

Edy mengatakan, perluasan program GO-JEK SWADAYA juga merupakan bentuk komitmen GO-JEK mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Bekerja sama dengan industri perbankan seperti BTN untuk cicilan KPR, BNI dan BNI Syariah untuk tabungan pendidikan dan tabungan umroh, Bank Permata Syariah untuk tabungan haji, serta program proteksi dari Allianz dan Pasar Polis membuktikan bahwa para mitra driver dapat menikmati semua akses finansial yang sebelumnya sulit bagi mereka.

Melalui GO-JEK SWADAYA, para mitra juga mendapatkan akses kepada proteksi finansial terjangkau, mulai dari asuransi kesehatan on-trip dan off-trip bagi mitra dan keluarga melalui kerja sama dengan Allianz, jaminan barang pribadi dan perlindungan kecelakaan melalui kerja sama dengan Pasar Polis, serta jaminan hari tua melalui kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini lebih dari satu juta mitra telah menerima manfaat program-program GO-JEK SWADAYA, termasuk mitra driver dan keluarganya di seluruh Indonesia. “GO-JEK SWADAYA memiliki berbagai program tepat sasaran yang dapat menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan yang berdampak positif agar mitra driver bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya. Hadirnya kami di 66 kota di Indonesia juga membuka jalan seluas-luasnya pada peningkatan inklusi finansial di kalangan mitra pengemudi,” tambah Edy.

“Semua program dalam GO-JEK SWADAYA dapat mereka akses dimana saja dan kapan saja dari handphone mereka. Dalam satu genggaman, seluruh mitra driver di 66 kota operasi GO-JEK dapat merasakan manfaat program SWADAYA untuk lebih sejahtera secara berkelanjutan,” tutup Edy.