MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang menggelar Grand Launching E-Pass Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Grand Launching E-Pass ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya yang didampingi oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang, I Wayan Wirawan dan Penjabat (Pj) Walikota Tanjung Pinang, Raja Ariza.

“Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang menerapkan sistem e-pass di Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura. Sehingga pembayaran pas masuk pelabuhan di pelabuhan ini yang awalnya dilakukan secara manual, kini dilakukan secara elektronik. Sistem ini merupakan pilot project untuk transaksi non tunai yang pertama kali diterapkan di seluruh pelabuhan di Indonesia,” terang Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya.

Pembayaran pas masuk pelaabuhan secara elektronik diterapkan sejak 15 Juli 2018. Sistem transaksi non tunai ini disambut baik oleh Bank Indonesia untuk mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Sehingga, untuk mendukung kesuksesan program tersebut, Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang bersama sejumlah bank membagikan kartu e-money gratis kepada masyarakat.

Terminal Penumpang Sri Bintan Pura juga telah menerapkan sistem e-berthing yang digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online yang bisa diakses dengan menggunakan smartphone. Kedepannya, di Pelabuhan Sri Bintan Pura juga akan menerapkan e-parking, e-ticket, dan distribusi pembayaran elektronik lainnya sehingga menjadi smart terminal untuk langkah yang efektif dan efisien.

General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang, I Wayan Wirawan menambahkan bahwa semua transaksi di Pelabuhan Sri Bintan Pura akan menggunakan sistem transaksi non tunai.

“Kami memudahkan para pengguna jasa ataupun masyarakat yang ingin menggunakan layanan di pelabuhan. Pengguna jasa cukup mengakses permintaan layanan mellaui smartphone sedangkan masyarakat cukup menempelkan kartu ke mesin yang disediakan. Dengan modernisasi yang dilakukan di pelabuhan ini bisa menjadi contoh bagi pelabuhan-pelabuhan lain di Indonesia,” terang I Wayan Wirawan.

Selain itu, Pelindo 1 yaang bekerja sama dengan Bank Indonesia dan sejumlah Bank menggelar Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional dan Semarak Non Tunai di area Gedung Gonggong Tanjung Pinang pada 29-30 Juli 2018. Rangkaian acara ini diawali dengan kegiatan fun walk dilanjutkan dengan Senam Zumba bersama.

Kegaiatan Kegaiatan yang dihadiri oleh masyarakat Tanjung Pinang juga dilengkapi dengan Bazar Non Tunai yang dimaksudkan untuk mengkampanyekan GNNT.***