SERGAI - Siapa sebenarnya Diansyah Putri F Handayani biasa disapa Putri telah berhasil menaklukkan puncak Aconcagua (6.962 MDPL), gunung tertinggi di Amerika Selatan.

Keinginannya untuk menaklukkan puncak-puncak gunung sudah terlihat sejak berusia 13 tahun. Dimana Putri bersama teman-temannya sudah mampu menaklukkan puncak gunung Sibayak dan puncak gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumut.

Dalam meraih cita-citanya dalam menaklukkan puncak-puncak gunung, akhirnya Putri bergabung dengan di Kamuka Parwata (KAPA) merupakan club pencinta alam di Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FKUI).

Dengan semangat dan dukungan dari orangtua serta teman-temannya membuat Putri terus aktir dalam kegiatan panjat tebing dan mendaki gunung di Indonesia dan dibelahan dunia.

Siapa Putri sebenarnya dan dari mana asalnya. Inilah pengakuan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman pada koran ini, Minggu (29/7) sore.

“Putri merupakan sosok anak dari keluarga tidak mampu dan lahir diDesa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara,” ujarnya.

Menurut Soekirman, sejak kecil Putri sudah hidup dengan serba kekurangan. Dimana ayahnya tidak mempunyai pekerjaan tetap. Sedangkan ibunya Sariati Lubis hanyalah seorang penjahit baju dan berdagang kecil-kecilan di rumahnya sederhana.

“Sejak kecil Putri sudah hidup serba kekurangan,” papar Soekirman.

Dikatakannya, disebabkan hidup serba kekurangan, akhirnya Putri saat itu berusia 10 tahun terpaksa dititipkan pada keluarganya di Medan. Tujuan orangtua agar Putri bisa mencapai cita-citanya.

“Orangtuanya iklas berpisah agar Putri dapat meraih cita-citanya,” bilang Bupati.

Setelah lulus SMP, Putri kembali harus jauh dari pelukan orangtuanya dalam melanjutkan pendidikan SMA-nya di Matauli, Sibolga. SMA plus tersebut merupakan sekolah semi militer laka itu.

“Setelah lulus di SMA Plus akhirnya Putri dapat beasiwsa dan melanjutkan kuliah di FKUI,” kata Soekirman.

Putri merupakan salahsatu Putri Indonesia asal kabupaten Serdang Bedagai berhasil menaklukkan puncak gunung Ama Dablam. Selain itu Putri juga sudah menaklukkan beberapa puncak gunung di Dunia.

“Kita berharap apa telah diraih Putri dalam menular pada anak-anak Sergai lainnya,” harap Soekirman. ***