JAKARTA - Masyarakat kerap kali bergemuruh ketika terjadi krisis energi. Namun krisis yang menyentuh lapisan masyarakat secara langsung sebenarnya adalah krisis air. Banyak yang tidak menyoroti bahkan tidak mengetahui hal tersebut.

Fraksi PKS melaksanakan focus group discussion (FGD) berkaitan dengan RUU SDA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (25/7) di ruang fraksi PKS DPR RI. Turut hadir sebagai narasumber menteri PUPR, Ir. M. Basoeki, bersanding dengan H. Nurhasan Zaidi, S.Sos.I selaku ketua kelompok komisi (Kapoksi) Fraksi PKS.

Basoeki menyatakan semangat eksekutif dan legislatif adalah sama mengenai sumber daya air. "Saya kira kami sepakat sekaligus menjadi amanah konstitusi untuk mengelola air demi kemakmuran rakyat".

Sementara itu Nurhasan menyoroti regulasi untuk menghadirkan negara dalam pengelolaan air. "Saya kira ini diskusi panjang untuk menjembatani BUMN, BUMD, dan lain-lain agar memaksimalkan potensi tanpa meniadakan peran swasta, tinggal proporsi diperketat."

Nurhasan menambahkan peran masyarakat akan di perbesar. "Masyarakat diperkenankan untuk memproduksi sekaligus mengevaluasi kebijakan-kebijakan sumber daya air, sekaligus membentuk usaha bersama untuk mengelola air."

Di akhir diskusi narasumber yang mewakili masyarakat menekankan penguatan aspek usaha yang berlatar belakang masyarakat. "Intinya air adalah milik rakyat banyak jangan sampai di monopoli, RUU ini sudah tepat hanya perlu di pertegas."***