LABUSEL - Warga Dusun Simpang Empat Blok Songo, Desa Sisumut, Kecamatan Kota Pinang, Kabupaten Labusel, menggerebek kediaman dukun di salah satu rumah kontrakan di desa tersebut, Minggu (22/7/2018) malam sekira pukul 21.30 WIB. Penggerebekan ini dilakukan karena warga menuding ZS (51) sebagai dukun palsu yang telah menjalankan pengobatan alternatif.
 
Untuk menghindarkan amukan warga, personel Polsekta Kota Pinang pun mengamankan ZA dari kemarahan masyarakat pada saat digrebek oleh keluarga pasien di rumah kontrakannya.
 
"Saat kita mendapatkan laporan dari warga, anggota langsung turun di lokasi. Di sana, personel mendapat informasi bahwa ZS seorang dukun palsu. Makanya, ketika warga sudah ramai di lokasi, ZS kita amankan," ujar Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang melalui Kapolsekta Kota Pinang, Kompol SM Sitanggang, Selasa (24/7/2018).
 
Dalam peristiwa itu, lanjut Kapolsek, pihaknya telah membawa warga Pasir Putih Barat, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Ramlah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, ke RSU Kota Pinang karena mengeluh sakit.
 
"Tadi malam kita juga menenangkan masyarakat agar tidak merusak dan mengganggu rumah ZS dan meminta masyarakat kembali ke rumah masing-masing," terangnya.
 
Setelah dilakukan interogasi terhadap pasien-pasien ZS, Masyarakat sekitar tidak ada yang keberatan atas perbuatan ZS yang membuka pengobatan alternatif di lingkungan tersebut. Bahkan, sebahagian pasien tidak keberatan karena merasa ada kesembuhan setelah berobat kepada ZS. "Sebagian pasien keberatan karena uang yang dikeluarkan untuk berobat sudah banyak, namun belum sembuh juga," urainya.
 
Menurut Kapolsek, peristiwa penggerebekan ini berawal dari adanya keluarga salah satu pasien yang merasa bahwa keluarganya yang berobat kepada ZS telah ditipu sehingga mendatangi tempat pengobatan alternatif tersebut sembari mengumpulkan massa.
 
"Setelah kita interogasi juga, tidak adanya paksaan dari ZS untuk berobat kepadanya melainkan keinginan pasien sendiri dan juga tidak adanya laporan pengaduan masyarakat atas perbuatan ZS," tutupnya