MEDAN- Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  meresmikan  peningkatan status Puskesmas Pembantu Sicanang Jalan Sicanang, Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan menjadi Puskesmas Induk, Jumat (20/7). Perubahan sekaligus peningkatan status  dilakukan  sebagai wujud  peran  Pemko Medan dalam memajukan pelayanan kesehatan.  Dengan demikian masyarakat sekitar akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi.

Bagi Wali Kota,  peningkatan derajat kesehatan masyarakat sangat penting dilakukan. Sebab, kesehatan merupakan investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Itu sebabnya Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan guna menjadikan  masyarakat sehat.

Diungkapkan Wali kota, sebelum peningkatan status dilakukan, puskesmas pembantu (Pustu) Sicanang  sebenarnya telah melayani kesehatan masyarakat dnegan baik. Namun begitu Wali Kota  ingin pelayanan maupun fasilitas kesehatan yang diberikan  kepada masyarakat, terutama yang bermukim di wilayah Sicanang  lebih baik lagi.

“Saya berharap dengan peningkatan status dari puskesmas pembantu menjadi puskesmas induk akan membuat masyarakat di wilayah ini bisa mendapatkan pelayanan dan fasilitas layanan kesehatan terbaik.  Peningkatan status ini untuk menjawab kebutuhan akan infrastruktur yang memadai, pelayanan prima serta kelengkapan alat medis sebagai modal utama,” kata Wali Kota.

Peresmian peningkatan status puskesmas ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan yang dilakukan Wali Kota didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, Kadis Kesehatan Medan Usma Polita, Camat Medan Belawan Ahmad, Kepala Rumah Sakit TNI Al Komang Belawan Drg Yeti Triyatni Sp Ort, Kepala Rumah sakit Prima Husada Cipta Medan Dr Dian Yusmardiani Mkes.

Selain meresmikan peningkatan status puskesmas dari pustu menjadi puksesmas induk,  Wali Kota juga  memberikan makanan tambahan kepada balita gizi buruk dan gizi kurang kepada 100 balita. Pemberian makanan tambahan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi tumbu kembang para balita tersebut.

Kepada seluruh orang tua, Wali Kota mengingatkan agar mengawasi pertumbuhan anaknya dengan selalu memperhatikan asupan makanan yang diberikan. “Sebagai orang tua,kita harus memahami setiap kebutuhan anak.  Usia balita merupakan masa rentan sehingga kebutuhan akan gizi, vitamin dan sebagainya  sangat  penting dan mendukung pertumbuhan sang anak,” ungkapnya.

Kemudian Wali Kota juga memberikan bantuan kacamata gratis kepada 1.000 orang warga. “Semoga apa yang kita lakukan hari ini, mulai peresmian peningkatan status puskesmas, pemberian makanan tambahan kepada balita serta pemberian kacamata gratis dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kota Medan Usma Polita dalam laporannya mengatakan, peningkatan status puskesmas ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Wali Kota Medan agar warganya tidak sakit. Dengan peningkatan status ini diharapkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat akan lebih baik lagi.

Dikatakan Usma, saat ini Kecamatan Medan Belawan memiliki 1 puskesmas besar yakni Puskemas Belawan ditambah 5 pustu yakni Pustu Sicanang,  Bahari, Bahagia, Bagan Deli dan Cikampek.  Sesuai dengan arahan Wali Kota, jelas Usma, kelima pustu itu akan dikolaborasikan menjadi satu puskesmas besar.

“Saat ini masih dalam tahap kajian, sebab kebutuhan satu puskesmas itu harus ada 30.000 penduduk. Oleh karenanya akan kita lakukan pendataan berapa jumlah penduduk dan harus disesuaikan lagi dengan standar pelayanan minimal,” jelas Usma.