PALAS- Pasca ditutupnya Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg)oleh  KPU Padang Lawas(Palas) kemarin Sebanyak 15 Parpol datang dan mendaftarkan Bacalegnya,  ada satu Parpol yang tidak datang mendaftar yakni Partai Garuda. Plh Ketua KPU Palas Rahmat Habinsaran Daulay menyebutkan,sesuai hasil rekapitulasi jumlah bacaleg yang mendaftar 356 orang dari 15 parpol. "Partai yang terakhir mendaftar adalah Partai Berkarya  yaitu pada pukul 23.50 WIB," kata Rahmat,Jumat(20 /7/2018).

Sebanyak 356 bacaleg akan ikut bertarung pada Pileg 2019 di lima Dapil di Kabupaten Palas, yaitu 
Partai Golongan Karya,Gerindra,PDI-P,Nasdem,PKS,PPP, PAN,Hanura dan Demokrat mengajukan bacaleg sebanyak 30 orang.

Sementara itu Partai yang kurang dari 30 orang bacalegnya yaitu PKB sebanyak 29 orang,Partai Berkarya sebanyak 17 orang ,Perindo sebanyak 14 orang, PKPI sebanyak 12 orang serta  Partai Solidaritas Indonesia merupakan Parpol yang paling sedikit mendaftarkan Bacalegnya berjumlah 5  orang.
 
Ia menambahkan, untuk Dapil 1 Kecamatan Barumun, Barumun Selatan akan bertarung 89 bacaleg akan memperbutkan 7 kursi,  sedangkan Dapil II Kecamatan Lubuk Barumun,Ulu Barumun dan Sosopan akan bertarung 64 bacaleg akan memperebutkan 5 kursi .
 
Sementara di Dapil III kecamatan Aek Nabara Barumun,Sihapas Barumun dan Barumun Tengah dan Huristak akan bertarung 85 bacaleg untuk memperbutkan 7 kursi dan Dapil IV kecamatan Hutaraja Tinggi ,akan bertarung 56 bacaleg untuk memperebutkan 5 kursi serta Dapil V Kecamatan Sosa dan Batang Lubu Sutam ,akan bertarung 62 bacaleg untuk memperbutkan 6 kursi.
 
Diungkapkan Rahmat , dari 16 Partai, yang ada di Kabupaten Palas ,hanya satu parpol absen dalam Pileg 2019 yaitu Partai Garuda. "Mereka tidak mengajukan bacaleg ikut sebagai kontestan Pileg tahun 2019 ini,"ungkapnya.