PEKANBARU - Setelah resmi dilepas Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kota Gudeg Yogyakarta, Obor Api Asian Games 2018, siap melintasi nusantara.

Salah satu Provinsi yang bakal menjadi lintasan obor tersebut adalah Riau. Dimana obor Asian Games yang pertama kali dibawa mantan atlet bulutangkis Susy Susanti tersebut diagendakan bakal melintas di dua kota sekaligus di Riau.

Dua kota tersebut yakni Siak dan Pekanbaru. Guna menyambut kedatangan obor tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru pun langsung menggelar rapat.

Dari hasil rapat penyambutan datangnya api obor ini, Dispora Kota Pekanbaru sudah melakukan sejumlah persiapan. Kabarnya, api obor Asian Games ini akan bermalam di Pekanbaru tepatnya di Gedung Daerah Pemerintah Provinsi Riau.

"Insya Allah kita sudah siap. Dijadwalkan kedatangan api obor itu pada 1 dan 2 Agustus 2018," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Kamis (19/7/2018) kepada GoNews.co melalui pesan Whatsapp.

Selain rapat persiapan penyabutan obor kata Zulfahmi, pihaknya juga sekaligus membicarakan rencana adanya iven jelajah sepeda Nusantara pada 21 Oktober di Pekanbaru.

"Intinya kita sudah siap. Dan dalam rapat tadi kita memang fokus dalam persiapan penyambutan api obor Asian Games di kota Pekanbaru," tandasnya.

Asian Games kata Zoel, merupakan iven olahraga terbesar di Asia. Dan suatu kebanggan simbol penanda pembukaannya yaitu api obor nya singgah di Pekanbaru. Dan tentunya lanjut mantan Kasatpol PP ini, dapat menjadi motivasi bagi pemuda dan atlet yang ada di Pekanbaru untuk bisa tampil mewakili Indonesia.

"Jadi, tentu banyak manfaat yang akan didapat dari singgahnya api obor asiangames di Pekanbaru, terutama untuk pemuda dan atlet-atlet binaan Pemko Pekanbaru," kata Bang Zoel.

Dengan adanya iven ini kata dia, masyarakat kota, khususnya para atlet dan pemuda bisa belajar, dan melihat keahlian serta kemampuan atlet se asia.

"Momen ini juga kita harapkan dapat menjadi pendorong untuk segera terwujudnya Pekanbaru sebagai kota atlet," urainya.

Adapun rangkaian penyambutan api obor Asian Game 2018 kata Zoel, pertama rombongan akan mendarat ke Pekanbaru pada 1 Agustus, pukul 16.00 WIB via Bandara SSK II, disambut Gubernur, Walikota dan Forkompimda.

"Setelah acara penyambutan nanti api obor langsung diarak menuju Kab Siak Sri Indrapura," jelas Bang Zoel lagi.

Setelah acara di Kab Siak Sri Indrapura, diperkirakan selesai jam 22.00 WIB api obor langsung di bawa ke Pekanbaru. "Sampai di Pekanbaru sekira pukul 00.00 WIB langsung di inapkan di gedung daerah," tambahnya lagi.

Paginya, lanjut Zoel, yakni tanggal 2 Agustus sekira jam 07.30 WIB api obor akan diarak ke kantor Gubernur. Setelah acara di kantor Gubernur selesai diperkirakan pukul 10.00 wib api bor diarak ke jalan sudirman dan langsung menuju Lanud Roesmin Nurjadin untuk diterbangkan lagi ke Prov Sumbar.***