PALAS- Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Lokakarya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Kamis (19/7/2018) di aula Dinas Perikanan dan Peternakan  Kabupaten Padang Lawas (Palas)

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap(TSO) diwakili Kadis Pertanian Ir.Abdullah Nasution mengatakan, dilaksanakan lokakarya ini bertujuan menggali potensi wilayah untuk pengembangan bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan lainnya .

Selain itu kata Abdullah, sebagai acuan untuk pembangunan masa depan, saling tukar menukar informasi antara mahasiswa dengan masyarakat serta pemerintah Kabupaten Palas. 

"Lokakarya ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dan petani dalam berusaha tani dan terbukanya lapangan kerja dibidang pertanian,perikanan,pertanian dan perkebunan,"terangnya  
 
Kata Abdullah, mengupayakan orientasi pola pikir para mahasiswa dan petani kearah orientasi agribisnis serta membantu program pemerintah meningkatkan SDM dan menyiapkan tenaga profesional yang dapat menggelola potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten.
 
Ia menambahkan, permasalahan pertanian, perikanan dan perkebunan di Palas antara lain, kurangnya tingkat pengetahuan dan sikap petani dalam berusaha tani secara intensif dan pola usaha   petani yang dilaksanakan di lapangan masih bersifat trasdisional.
 
Selain itu, semakin luasnya usaha dibidang perkebunan yang berakibat luas lahan pertanian dan luas padang pengembalaan semakin sempit serta luasnya wilayah kerja dan sulitnya medan yang akan ditempuh ditambah kurangnya sarana dan prasarana pendukung. 
 
Ketua Panitia Ir Bakari yang juga Kadis Perikanan dan Peternakan mengatakan, tujuan KKN ini untuk mensinergikan kebijakan pengembangan dan pengelolaan KKN Tematik IPB Bogor dengan program pembangunan Pemda ,sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mrndukung pertumbuhan ekonomi .
 
Ia menjelaskan  jumlah mahasiswa KKN sebanyak 20 orang yang diterjunkan dikecamatan Barumun ,di desa Hasahatan  Jae sebanyak 5 orang ,Kecamatan Barumun Selatan di desa Sidomulyo sebanyak 5 orang , Kecamatan Lubuk Barumun di Desa Pagaran Silindung sebanyak 5 orang  dan Kecamatan Ulu Barumun,di Pasar Ipuh sebanyak 5 orang.