SERGAI - Dalam rangka membangun sumber daya manuaia Pertanian yang berkualitas dan handal, diperlukan penyuluh pertanian yang profesional, Kreatif, Inovasi dan berwawasan global dalam penyelenggaraan penyuluhan yang produktif, efektif dan efisien.

Hal itu diungkapkan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman disela acara Pertemuan Penyuluh Pertanian Perhiptani se-Sergai dikantor Dinas Pertanian Sergai, Kamis (19/7).

“Penyuluh pertanian harus mampu bekerja secara profesional,” bilangnya.

Menurut Soekirman,  penyuluh pertanian berfungsi sebagai Agen perubahan yang mampu mengubah petani dari yang tidak mau menjadi mau sehingga segalah informasi pertanian yang dapat merubah usaha tani dapat di terima dengan baik, sebab semua itu mendukung swasembada pangan di Sergai. 

“Kini Pemkab Sergai sedang mengalakkan pertanian organik,” terang Bupati.

Kata dia, pertanian organik juga harus memperhatikan keadilan antarmanusia maupun dengan makhluk hidup lain dilingkungan,  untuk mencapai pertanian organik yang baik perlu dilakukan pengelolaan yang berhati-hati dan bertanggungjawab melindungi kesehatan dan kesejahteraan manusia baik masa kini maupun pada masa depan.

  “Kita  harus bangga menjadi perhiptani dan kita harus bangga memakai pakaian perhiptani,” ujarnya. ***