PALAS- Bupati Palas H Ali Sutan Harahap  (TSO) meresmikan kantor sekretariat perwakilan Kabupaten Palas  Himpunan Alumni Insitut Pertanian Bogor (HA-IPB) Padangsidimpuan Tapanuli Selatan,Rabu(18/7/2018),Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan,Kecamatan Barumun.

Peresmian Sekretariat HA-IPB oleh Bupati ditandai dengan pembukaan selubung papan merek ,dilanjutkan peninjauan gedung sekretariat bersama dengan pengurus Alumni IPB asal Tabagsel.

Bupati mengungkapkan rasa kebanggan dengan adanya sekretariat HA-IPB di daerah tersebut , sekaligus syukur  atas berdirinya PSDKU IPB di Kabupaten Palas yang  terus eksis melaksanakan kegiatan perkuliahan .

Oleh karena itu ,kata TSO, atas nama Pemkab Palas memberikan support kepada anak-anak alumni mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) agar menjadikan kantor sekretariat sebagai wahana untuk saling bertukar pikiran untuk kemajuan khususnya dibidang pertanian, peternakan, dan perkebunan.
 
Hal itu ,sambung TSO, mengingat potensi dominan dalam sektor perkebunan, perikanan dan peternakan  tapi masih belum seimbang dengan  Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.  "Kita membutuhkan banyak terobosan dan penemuan-penemuan terbaru dalam bidang agribisnis,"ujarnya.
 
"Dengan diresmikan kantor kesekretariatan perwakilan Palas,  program PSDKU IPB diharapkan dapat menghasilkan tenaga ahli yang memiliki ketersedian dan keahlian sesuai bidangnya sehingga mampu bersaing di dunia kerja maupun tangguh dalam berwiraswasta," sebut Bupati yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan(TSO).
 
Pemkab Palas telah menyiapkan lahan seluas 300 Hektar yang diperuntukan untuk lahan peternakan seluas 150 hektar dan taman buah nasional seluas 150 hektar.  Lahan dengan luas total 600 hektar  menurutnya sebagai bentuk dukungan pemerintah Palas dalam mendukung kemajuan bidang pertanian  IPB di Palas.
 
Ia  berharap, kedepan pengembangan peternakan di Palas bisa menjadi percontohan peternakan di Sumut.
 
Disela acara peresmian,Ketua HA-IPB Perwakilan Kabupaten Palas Agus Salim Hasibuan.S.Pt berharap dapat mensukseskan PSDKU IPB ,serta siap berkontribusi dalan mendukung program pemerintah, 
 
"Dengan adanya sekretariat HA-IPB di daerah ini,akan menjadi wadah informasi bagi masyarakat tentang penyebaran informasi perkembangan pertanian, perkebunan dan peternakan dan terkhusus tentang kegiatan perkuliahan di kampus PSDKU Palas,"terangnya. Selain itu diharapkan dapat rnenjembatani komunikasi antara PSDKU Palas dengan kampus utama IPB Bogor.  
 
Hadir dalam acara peresmian tersebut, Kadis Pertanian Ir.Abdullah Nasution, Kadis peternakan dan Perikanan Ir. Abu Bakari, Kadis Pemdes dan Penmas Hamzah Nasution dan Kadi Sosial Bustami Harahap serta sejumlah mahasiswa IPB yang lagi KKN di Kabupaten Palas.