PANGKALANKERINCI - Seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Pelalawan bernama Catur Yuli Rianti nekad ikut dalam pertarungan Pemilu Legislatif 2019.

Ia nekad maju pada Pileg 2019 lantaran selama ini dirinya melihat, keterwakilan perempuan sangat minim dan terkadang nasib kaum hawa juga terabaikan.

"Saya tidak ada basic politik. Tapi saya nekad bergabung dengan Partai NasDem dan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif DPRD Pelalawan untuk memperjuangkan kaum ibu-ibu," ujarnya kepada GoNews.co, Rabu (18/7/2018)

Ibu tiga anak ini akan maju menjadi caleg dari daerah pemilihan (dapil) IV, Sorek dan Pangkalan Lesung . Catur mengaku mempunyai keinginan terlibat di politik sekaligus memenuhi kuota keterwakilan perempuan di Partainya itu.

Ia juga mengungkapkan alasannya bergabung ke partai NasDem. Menurutnya, partai yang dipimpin Surya Paloh itu membuka kesempatan luas bagi siapapun, baik ke anak-anak muda maupun ibu rumah tangga yang mau berpolitik seperti dirinya.

Selain itu, dia menegaskan, NasDem menolak mahar politik. "Alhamdulillah partai ini juga tidak memungut uang ke saya, jadi saya merasa, bahwa partai ini tepat untuk kendaraan saya," tandasnya.

Jika nantinya terpilih, Catur akan membawa isu soal perempuan, anak, kemiskinan dan pendidikan.

"Kekerasan pada perempuan, pelecehan anak, human trafficking, kesehatan di kampung kampung, dan lain-lain masih jadi persoalan, itu yang harus kita perjuangkan," jelasnya.

Perempuan kelahiran 23 Juli 1989 ini, juga mengaku sudah minta doa dan restu dari keluarga, khususnya suami dan anak-anaknya. "Insya Allah semua mendukung saya. Mohon doanya saja," pungkasnya. ***