SERGAI- Mengkonsumsi pangan berkualitas  dapat diwujudkan apabila makanan yang di konsumsi sehari hari mengandung zat gizi lengkap sehingga dalam meningkatkan kehidupan lebih bergizi. Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman dalam sambutannya disela acara lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan Aman (B2SA), Selasa (17/7) siang. “Sergai sejak awal telah mensosialisasikan kepada masyarakat dengan slogan ‘Konsumsilah Pangan Yang Beragam,  Bergizi,  Berimbang dan Aman’,” bilangnya.

Menurutnya, kestabilan pangan bukanlah hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja namun merupakan tanggung jawab masyarakat bersama untuk selalu bisa menyajikan menu yang beragam yang di sajikan dalam menu sehari hari di keluarga.

“Melalui kegiatan lomba cipta menu ini dapat mendorong dan meningkatkan masyarakat dalam memilih,  menentukan,  menyusun,  dan menciptakan menu beragam,  bergizi,  seimbang,  dan aman berbasis sumber daya lokal,” papar Hj Marliah.

Dia juga minta masyarakat agar konsumsi pangan sayur dan buah,  umbi umbian,  pangan hewani serta kacang kacangan. Kebiasaan masyarakat kini konsumsi makanan seperti itu  masih sangat rendah,  untuk itu perlu dilakukannya upaya untuk mengubah pola konsumsi pangan yang beragam,  bergizi,  seimbang dan aman.

“Buah-buahan dan umbi-umbian juga sangat banyak mengandung gizi,” bilangnya.