JAKARTA - Tim Cricket Apacs Warriors dan Jakarta Knight Riders berjaya pada laga perdana liga cricket profesinal dengan titel  Indonesian Cricket Laegue (ICL) T20.

Dalam laga perdana ICL yang digelar di Lapangan Cricket Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (16/7/2018), Apacs Warriors yang tampil meyakinkan mengalahkan K2 Kings  (118/4-117/10).

Sedangkan Jakarta Knight Riders menaklukkan Daehab Super Kings (181/5 - 179/3).

Pada laga yang diselenggarakan Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) dan Jakarta Cricket Association (JCA) ini, Ranjan Shankar (Apacs Warriors) dan Phalav Maholtra (Jakarta Knights Riders) terpilih sebagai man of the match.

Wakil Ketua Umum PP PCI, Abhiram S Yadav mengatakan ICL T20 diikuti delapan klub terbaik yang memenuhi syarat berpartisipasi melalui proses lelang pemain.

"Meski ICL T20 baru diluncurkan tetapi antusias peserta luar biasa. Kualitas pertandingan yang mereka sajikan juga cukup bagus karena seluruh klub peserta bermaterikan pemain lokal dan pemain asing (expatriat)," jelas Abhiram S Yadav di Jakarta, Senin (16/7/2018).

Ke delapan peserta ICL yang bertanding setiap Sabtu dan Minggu dari Juli hingga September 2018 yakni Yadavas Chairos Tigers, Ceria Komodos, Chaiba Senayan Lions, Daehan Super Kings, K2 Kings, Jakarta Knight Riders, Jaguar CC, dan Apacs Warriors.

"ICL menggunakan format Round Robin T20 di lanjutkan sistem gugur. Setiap klub diwajibkan memilki 5 pemain lokal. Dan, semua pemain dipilih melalui sistim lelang," ujarnya.

Lahirnya ICL T 20 jnu, kata Abhiram, sebagai upaya PP PCI dalam menjawab tantangan ketatnya persaingan cricket di kancah regional dan internasional.

"Pemain cricket Indonesia itu butuh pengalaman bertanding lebih banyak. Makanya, kita meluncurkan ICL dalam upaya menambah jam terbang mereka. Dan, ICL sebagai wadah mencetak pemain berkualitas yang diharapkan mampu mengangkat prestasi Timnas Cricket Indonesia ke kancah internasional," tegasnya.***