LABUHANBATU-Balitbang gelar rapat pengembangan potensi wisata di Kabupaten Labuhanbatu, guna mendorong meningkatnya perekonomian berbasis daerah, serta menjalankan program visi dan misi Bupati H.Pangonal Harahap SE,MSi menjadikan Labuhanbatu semakin hebat dan lebih berdaya di bidang pariwisata daerah. Demikian dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti pada saat membuka acara rapat, yang berlangsung di kantor Balitbang, senin (16/7). Ia menyampaikan, sebelumya telah dilakukan pelaksanaan survey lokasi, observasi dan pengambilan dokumentasi serta wawancara di lapangan .

"pelaksanaan dilakukan di beberapa tempat, diantaranya kecamatan Rantau Selatan,   Bilah Barat, Panai Tengah dan Panai Hilir  dengan total 9 tempat wisata yang akan dikembangkan dengan lintas sektoral terkait, seperti, Dispora Budpar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas PU & PR," ungkap Hobol.

Sementara, Jhoni Sitorus selaku perwakilan Balitbang provinsi Sumatera Utara menambahkan, pihak Litbang daerah harus memperhatikan latar belakang tempat wisata, dasar formatnya peraturan Kemendagri tahun 2017, pengembangan potensi wisata juga harus memperhatikan sumber daya manusia yang dibutuhkan, dan sumber daya alam lainya untuk dikembangkan.

Disisi lain, staf ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Labuhanbatu Ir.Esty Pancaningdyah berpendapat, gambaran tentang lokasi dan rincian objek wisata serta kepemilikanya harus jelas, guna mengetahui perbatasan tempat lokasi dengan tanah milik penduduk setempat.

Rapat tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan tata kelola daerah dalam bidang pariwisata di Labuhanbatu, serta memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat dan pembangunan di daerah untuk mewujudkan visi misi Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap SE, MSi yaitu "Satu Tekad Bersama Rakyat Menuju Sejahtera Tahun 2020, dan Labuhanbatu Semakin Hebat Lebih Berdaya Tahun 2025".