PALEMBANG - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan lima venue olahraga di kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Sabtu (14/7/2018). Selain itu, Presiden sekaligus membuka kejuaraan nasional (kejurnas) Perahu Naga.

Venue-venue yang diresmikan yakni, bowling center, shooting range arena, skateboard stadium, lapangan voli pantai, dan lintasan dayung. Jokowi hadir bersama ibu Negara, Iriana dan didampingi Menpora Imam Nahrawi, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menaker Hanif Dhakiri, Kapolri Tito Karnavian.

Acara itu juga diikuti beberapa tamu kehormatan, antara lain, Menpora Malaysia Syed Saddiq. Ketua Umum Partai Kebangkita Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Rombongan disambut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Direktur Utama PT JSC Bambang Supriyanto serta pihak terkait lainnya.

"Saya sudah cek venue, saya sampaikan Indonesia siap sambut gelaran Asian Games 2018," kata Jokowi.

Presiden menilai, secara fisik pembangunan infrastruktur kompleks JSC sudah selesai. “Yang belum hanya kecil-kecil, saya targetkan satu atau dua minggu selesai. Hari ini juga digelar kejuaraan dayung Piala Presiden untuk pemanasan Asian Games 2018," tegasnya.

Untuk target, Jokowi kembali mengingatkan minimal dapat masuk 10 besar. "Syukur-syukur bisa tembus 8 besar, hitung-hitungannya ada. Selain itu, dem meramaikan, saya juga setuju jika pelajar digratiskan untuk nonton Asian Games," lanjutnya yang tak lupa mengingatkan agar panitia pelaksana mengantisipasi terhadap dampak gangguan asap jika terjadi kebakaran hutan.

Mengawali kunjungan, Jokowi yang tiba di kompleks JSC sekitar pukul 8.30 WIB, langsung disambut Alex Noerdin saat memasuki Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Ketika Jokowi dan rombongan melihat maket kompleks JSC, Alex secara khusus menjelaskan tentang venue dayung yang diklaim sebagai salah satu terbaik di dunia.

"Standar dunia lebarnya 200 meter dan panjang 2.200 meter, sementara venue di Jakabaring lebarnya 400-500 meter dengan panjang 2.400 meter," jelas Alex yang disambut senyum Jokowi dan rombongan.

Ketika melihat bowling center, Jokowi mengagumi arena boling JSC yang memiliki 40 lane dan terbaik di Asia karena didukung peralatan tercanggih. Jokowi juga menyempatkan bermain boling.

Rombongan presiden kemudian melihat Rusunawa, arena shooting range, lapangan voli pantai serta stadion skate board. Di venue terakhir yang didatangi, lintasan dayung, Jokowi ikut mengayuh dayung di atas perahu naga bersama para atlet nasional.

Pujian bagi kompleks JSC juga disampaikan Menpora Malaysia Syed Saddiq. Dirinya melihat potensi dan keberadaan JSC sangatlah bagus. "Saya sangat tertarik dengan fasilitas yang ada. Ini bagus sekali," pungkasnya.***