PALAS- Bupati Kabupaten Padang Lawas  ( Palas ) H.Ali Sutan Harahap ( TSO ) didampingi Sekdakab Palas Arpan Nasution,tepung tawari  421  calon jemaah haji,Sabtu ( 14/7/2018) dipendopo rumah dinas Bupati , Jalan Kihajar Dewantara Sibuhuan . Calhaj yang ditepung tawari terdiri dari calhaj  Kloter 21 sebanyak 391orang dan kloter 22 sebanyak 30 orang direncanakan  jadwal keberangkatan bertolak dari daerah  11 Agustus 2018  menuju Asrama Haji Medan.

Tampak hadir diacara tepung tawar atau upah- upah, Kakamenag Kabupaten Palas Amran Hasibuan , Pimpinan OPD , Camat dan Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( FKPd)


Bupati H.Ali Sutan Harahap dalam sambutannya  menyatakan , bahwa jamaah calon haji Kabupaten Palas  Sebanyak 421  jamaah, terdiri dari 416  calon jemaah dan 2 petugas daerah,ditambah 1 petugas Haji dan 2 Petugas tenaga kesehatan.

Pemerintah akan melepas keberangkatan nanti untuk  dua kloter secara bersamaan, katanya. Dikatakannya, menunaikan ibadah haji merupakan perjalanan panjang dan jauh, serta beribadah yang memerlukan fisik yang prima maka pada kesempatan  memberikan upah-upah dan tepung tawar supaya senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan untuk memberi ketenangan hati.
 
"Semoga Allah SWT membekali dengan ketakwaan serta  mengampuni dosa-dosa, seraya memberikan kemudahaan  bagi jamaah haji asal Kabupaten Palas , ujar TSO
 
Selain itu,TSO juga  berpesan,  kepada seluruh jamaah calon haji yang akan menunaikan rukun islam kelimanya tahun ini untuk meluruskan niat dan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah baik wajib maupun sunnah .
 
"Tak lupa juga ,saya  berpesan, memohon doa untuk Kabupaten Palas menjadi daerah yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur,"

Usai tepung tawar dilanjutkan makan bersama dan pemberian bingkisan oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap kepada 421 calhaj yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2018 

Sebelumnya acara tepung tawar , dilaksanakan Manasik Haji Akbar oleh calhaj yang dilepas Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu  dari Halaman kantor SKPD Terpadu Pemkab Palas. 
 
Kegiatan manasik   haji bertujuan untuk   memberikan   pengetahuan   kepada   jamaah calon haji mengenai  tahapan - tahapan  dalam  menunaikan  ibadah  haji  yang  baik  dan  benar sesuai  dengan tuntunan al-qur’an dan sunah rasulullah saw selama berada di tanah suci, kata Wabup 

Pelaksanaan manasik haji juga sangat penting agar para calon haji mengenal satu dengan lainnya sehingga bisa saling membantu saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci nanti. 
 
Para calon jamaah haji hendaknya bersyukur kepada allah swt karena tahun ini bisa berangkat memenuhi panggilannya,ujarnya Wabup. 

Harapan kita,imbuh Wabup , seluruh calhaj  agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, agar dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.