JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Indonesia atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) tak menjual tiket dengan harga tinggi.

Bamsoet -panggilan akrabnya- menginginkan harga tiket Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang terjangkau masyakarat luas.

Menurut Bamsoet, sebaiknya NASGOC berkoordinasi dan melobi Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk menentukan harga tiket Asian Games.

"Agar penentuan harga tiketnya mempertimbangkan daya beli masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, harga tiket untuk pembukaan Asian Games 2018 bervariasi dengan kisaran antara Rp 750 ribu hingga Rp 5 juta. Menurut Erick, penentuan harga tiket itu mengacu pada standar yang telah ditetapkan OCA.

Namun, Bamsoet mengharapkan harga tiket Asian Games 2018 termasuk untuk pembukaan bisa terjangkau masyarakat luas. Menurutnya, harga tiket yang terjangkau akan membuat pesta olahraga negara-negara se-Asia itu makin semarak.

"Masyarakat pun bisa berpartisipasi aktif dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan ASIAN Games 2018 di Indonesia," ujarnya.

Selain itu Bamsoet juga mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama INASGOC menggandeng stasiun telewisi swasta untuk menyiarkan langsung beberapa pertandingan di Asian Games 2018. Bahkan, ada baiknya panitia penyelenggara menyediakan layar lebar di berbagai titik untuk menayangkan pertandingan-pertandingan di Asian Games.

"Ini sebagai upaya memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu membeli tiket agar bisa menyaksikan secara bersama pertandingan olahraga pada event ASIAN Games 2018," cetusnya.***