SOLO - Petenis andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi (23 tahun) keluar sebagai juara tunggal putri PT PP Women’s Circuit International Tennis 2018. Pada laga akhir yang berlangsung di lapangan tenis Gelora Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/7), anggota Pelatnas Asian Games itu menghempaskan wakil Tiongkok, Zhima Du.

Unggulan keempat kejuaraan yang menyediakan total hadiah 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 210 juta itu hanya butuh waktu satu jam satu menit untuk menjinakkan lawannya. Aldila yang bercokol di peringkat tunggal ke-751 dunia itu menang straight set dengan skor akhir 6-2 6-0.

"Mulanya sempat tegang, namun begitu bisa unggul cepat di game awal, saya bisa menguasai jalannya pertandingan hinga memenangi partai final," tutur Aldila usai laga.

Gelar juara tunggal di Solo ini merupakan gelar pertama bagi Aldila selama mengikuti turnamen resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Pro Circuit sejak delapan tahun silam. Sebagai juara, gadis kelahiran 2 Mei 1995 itu meraup hadiah sebesar 2.352 dollar AS atau sekitar Rp 33 juta serta tambahan 12 poin yang akan melambungkan peringkatnya ke kisaran 640an dunia dua pekan mendatang.

Sebagaimana sebagian besar peserta turnamen tenis yang disponsori oleh PT PP (Persero) Tbk di Solo ini, Aldila juga akan melanjutkan kiprahnya pada seri kedua di Jakarta sebagai bagian dari persiapannya menuju arena Asian Games 2018.

"Target di Jakarta sama seperti di Solo ini, inginnya tetap juara. Namun pasti lebih berat karena ada beberapa petenis baru yang hanya ikut di seri Jakarta," tekad lulusan University of Kentucky AS ini. ***