LABUHANBATU - Mahasiswa Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu. Bersama Kepala Desa Janji dan jajarannya, mahasiswa dan aparatur pemerintahan desa melakukan penghijauan di kantor Desa Janji, Kamis (12/7/2018) dengan menanam, memelihara pohon, bunga dan tanaman obat-obatan.

Ketua Mahasiswa KKN 2018, Ridho Saputra Lubis menjelaskan, penghijauan ini menjadi salah satu solusi utama dalam upaya penyelamatan lingkungan terkait isu perubahan iklim global.

Dengan semakin banyak menanam pohon, bunga dan tanaman obat-obatan, Ridho optimistis masalah lingkungan akan dapat diminimalisir dengan cara seperti ini.

"Gerakan penghijauan ini perlu diaktualisasikan di kawasan lahan kritis, sekitar pemukiman warga serta di sekitar area fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah, pinggiran sungai, termasuk di depan perkantoran," bilangnya.

Mereka berharap, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berkomitmen mendukung setiap gerakan penghijauan untuk menjadikan wilayah yang sebagian besar terdiri dari dataran rendah itu lebih asri, lestari serta dapat meminimalisir dampak dari kerusakan lingkungan.

Untuk itu, dirinya berpesan agar Pemkab Labuhanbatu dibawah kepemimpinan H Pangonal Harahap dapat lebih maksimal dalam melestarikan lingkungan.

"Kami hanya berpesan agar jangan hanya membuat program kerja penghijauan saja, tapi pelaksanaannya juga harus dibarengi," pungkasnya.