PALAS- Kehadiran Mahasiswa Institut Pertanian Bogor ( IPB) dari berbagai jurusaan diterjunkan kedesa- desa di wilayah Kabupaten Padang Lawas ( Palas ) untuk kegiatan praktek Kuliah Kerja Nyata ( KKN)  memberi manfaat yang besar bagi masyarakat khusus kalangan petani di desa .
 
Hal itu disampaikan Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Barumun Selatan  Pungut, Jumat(13/7/2018).  Sidomulyo adalah salah satu desa yang menjadi sasaran KKN mahasiswa IPB Bogor. 

" Mahasiswa IPB yang ditempatkan untuk kegiatan KKN didesa ini sebanyak lima  orang , membidangi  Pengembangan Peternakan,Pertanian dan Perkebunan,dapat memberi motivasi untuk pengembangan potensi desa , " katanya 

Menurutnya  Pungut, kehadiran Mahasiswa IPB ini, sangat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di desa ini . Pasalnya  berbagai kegiatan sosialisasi penyuluhan tentang ilmu pertanian, kesehatan dan pengembangan peternakan serta perkebunan dapat disosialisasikan kepada warga petani.
 
Dengan demikian,Imbuhnya, memberikan wawasan ilmu pengetahuan yang baik untuk peningkatan hasil produksi pertanian khususnya.  
 
Disamping itu ,lanjut Pungut memberi pemahaman tentang pola pikir masyarakat didorong untuk hidup sehat , sehingga menambah pengetahuan yang luas untuk diterapkan didalam kehidupan sehari- hari di lingkungan masyarakat.
 
Kata Pungut, mahasiswa IPB yang melaksanakan KKN diharapkan dapat memberi penyuluhan dan membangun kerjasama yang baik secara sinergitas dengan masyarakat setempat . 
 
"Hal itu sejalan dengan kegiatan rutinitas warga petani untuk mendapat ilmu tentang pertanian yang dapat mendongkrak pendapatan ekonomi  tentang tata cara bercocok tanam yang baik sesuai atauran,"sebutnya.  
 
" Harapan kita , program pemerintah Palas yang telah menjalin MoU dengan IPB dapat terus terbina dengan baik sesuai dengan pencanangan Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap(TSO) , dalam meciptakan swasembada beras di daerah ini dalam mewujudkan masyarakat mandiri dan sejhatera, " ujarnya 

Ia menambahkan, program Pemkab Palas dengan mengandeng pihak IPB untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu pertanian kepada warga ditingkat pelosok desa , sangat tepat sasaran sesuai yang diharapkan para petani selama ini . 
 
" Kerjasama yang dibangun pemerintah ini , sangat memberikan kontribusi peting bagi masyarakat petani khususnya , karena banyak ilmu pengetahuan yang didapat , untuk peningkatan kemajuan petani yang lebih mandiri dan sejahtera,"imbuhnya 
 
"Atas nama pemerintah Desa Sidomulyo kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Palas yang peduli dan perhatian  dengan nasib kalangan petani desa di daerah yang dipimpinnnya, pungkas Pungut.