PALAS- Pemerintah Kabupaten Padang Lawas(Palas) menerima 20 Mahasiswa Intitut Pertanian Bogor ( IPB) dari berbagai jurusaan yang diterjunkan kedaerah untuk kegiatan praktek Kuliah Kerja Nyata ( KKN).
 
Penyerahan mahasiswa IPB ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima Mahasiswa oleh Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LPPM) IPB Bogor oleh Prof DR Ir M Faiz Sueb M.Agr dengan  Wakil Bupati Palas  drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu,dipendopo rumah Dinas BupatI Palas Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan,Kamis(12/7/2018).
 
Wabup Palas berharap, mahasiswa yang diterjunkan ke desa untuk belajar dari masyarakat melaksanakan KKN sebagai bahagian dari proses belajar IPB yang langsung ke masyarakat untuk dapat menganalisa berbagai permasalahan petani.
 
"Segala permasalahan yang ditemukan nantinya, dapat diatasi dalam pembahasan lintas sektotal sehingga memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat dan petani khususnya,"katanya 
 
Sebelumnya Kadis Peternakan dan Perikanan Ir .A.Bakari mengatakan , desa yang menjadi sasaran KKN Mahasiswa IPB adalah Desa Sidomulyo, Kecamatan Barumun Selatan ( Barsel ) sebanyak 5 orang, Desa Pasar Ipuh ,Kecamatan Ulu Barumun sebanyak 5 orang, desa Hasahatan Jae,Kecamatan Barumun sebanyak 5 orang dan desa Pagaran Silindung,Kecamatan Lubuk Barumun sebanyak 5 orang.

Dikatakannya, pelaksanaan KKN berlangsung selama dua bulan. Dengan  KKN Mahasiswa IPB Bogor ini menggali potensi wilayah dalam pemgembangan peternakan,pertanian dan perkebunan, pengacuan untuk arah pembangunan masa depan yang lebih baik.
 
Selain itu,kata Bakari , saling tukar informasi mahasiswa dan petani dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan juga mengupayakan terbuka lapangan kerja dalam bidang peternakan,pertanian dan perkebunan .
 
Kata Bakari, hal lainnya adalah mengupayakan orentasi pola pikir para mahasiswa dan petani dalam bidang agrobisnis serta membantu program pemerintah pemkab Palas dalam meningkatkan SDM dan mengali potensi SDA Palas serta menyiapkan tenaga profesional ,terangnya 
 
Hadir diacara serah terima mahasiswa IPB Bogor yang akan melaksanakan KKN  di kabupaten Palas  adalah Sekda Arpan Nasution.S.Sos ,Pimpinan OPD dan 20 Mahasiswa yang peserta KKN.