PADANGSIDIMPUAN- Merayakan  puncak HUT Bhayangkara ke-72, Polres Padangsidimpuan menggelar upacara di Alaman Bolak (Alun-alun) Kota Padangsidimpuan. Upacara yang digelar serentak diseluruh jajaran Polri di Indonesia pada Rabu (11/7/2018) ini mengusung tema, "Dengan Semangat Promoter Polri Siap Menangkan Agenda Kantibmas Tahun 2018 dan 2019".
Dimulai sekira pukul 08.30 WIB, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, Perwira Upacara Kabag Sumda AKP Chobli dan Kasat Narkoba AKP Charles Jhonson Panjaitan bertindak selaku Komandan upacara.

Diawali dengan mengheningkan cipta dan pemeriksaan barisan, kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan Tribrata oleh Kasubbag Humas Polres Padangsidimpuan IPTU Maria Marpaung dan pengucapan Catur Prasetya oleh Kanit I Reskrim IPDA Andi Rahmadsyah.

Dalam upacara ini, selain menyampaikan sambutan singkat darinya sebagai Irup, Kapolres juga membacakan amanat Presiden RI yang berkaitan dengan HUT Bhayangkara ke-72 tahun ini.

"Atas nama Negara dan Pemerintah serta Pribadi Presiden RI menyampaikan Ucapan Selamat Hari Bhayangkara Ke-72 kepada seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia,"tutur Hilman membacakan amanat tersebut. Kemudian, Kapolres melanjutkan, "Kita semua juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri, dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negeri. Keberhasilan Polri dalam penanganan terorisme, pemberantasan penyalahgunaan narkoba, pengungkapan kasus menjadi perhatian publik serta mengamankan berbagai agenda baik yang bersifat Nasional, maupun Internasional, telah mendapat Apresiasi dari Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Internasional," paparnya.

Presiden menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tulus kepada para sesepuh dan pendahuluan Polri, yang dengan perjuangan, jasa, dan pengabdiannya telah meletakkan landasan, serta telah membangun dan mengembangkan Kepolisian. Harapan Presiden RI, peringatan Hari Bhayangkara kali ini bukan sekedar perayaan semata, jadikanlah ini sebagai momentum untuk Refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi dalam tugas, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam menghadapi masyarakat yang semakin kritis di era globalisasi ini, menuntut Polri untuk dapat bersikaf responsif dan peka, dengan terus-menerus mereformasi diri serta meningkatkan kwalitas kinerjanya secara profesional.

Mengharapkan Polri yang profesional dan dipercaya oleh masyarakat serta mampu memberikan perlindungan dan pengayoman juga pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat. Meminta Polri mampu mengedepankan tindakan penangkalan dan pencegahan. Petakan, deteksi dan antisipasi setiap potensi kerawanan yang ada, serta lakukan langkah penanganan yang tepat, agar tidak terjadi gangguan Kamtibmas yang merekah, sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat melaksanakan seluruh aktifitasnya dengan aman dan nyaman. Di bidang penegakan hukum, lakukan pemberantasan terhadap setiap bentuk kejahatan dan tindak kriminalitas secara tegas, profesional, legitimate dan tidak diskriminatif sehingga dapat menjamin kepastian hukum dan memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini antara lain, pasangan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan terpilih Irsan Efendi Nasution dan H Arwin Siregar, Sekertaris Daerah Kota Padangsidimpuan Zulpeddi Simamora, Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Firman Syah, Waka Polres Padangsidimpuan KOMPOL H Syafaruddin Hasibuan, Kasi Pidum Padangsidimpuan Ahmad Harahap, Kepala Lapas kelas II B Porman Siregar, Para Kabag Polres Padangsidimpuan, Ketua Bhayangkari Cabang Padangsidimpuan Ny Henni Hilman Wijaya, Wakil Ketua Bhayangkari Ny Syafaruddin Hasibuan, ibu-ibu Pengurus Bhayangkari Cabang Padangsidimpuan.

Sementara peserta upacara terdiri dari, barisan Pleton para perwira Polres Padangsidimpuan, barisan Pleton Kodim 0212/TS, barisan Pleton Batalyon 123/RW, barisan Pleton Patmorsus dan tim Babiat, barisan Pleton Dalmas, barisan Pleton Bhabinkamtibmas, barisan Pleton Lantas, barisan Pleton Reskrim dan Resnarkoba, barisan Pleton Gabungan Staff Polres Padangsidimpuan, barisan Pleton Dishub, barisan Pleton OKP (PP,FKPPI) dan barisan Pleton Pramuka.