PALAS- Palas - Dinkes Kabupaten Padang Lawas(Palas) menggelar sosialisasi  pemahaman dan penanganan  stunting dan  advokasi bagi daerah atau desa yang memiliki warganya mendapat program stunting Selasa (10/7/2018) di Aula kantor SKPD Terpadu Sigalagala. Di daerah Palas terdapat 10 desa lokasi fokus program stunting (kondisi gagal tumbuh  pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya).

Di antara 10 desa itu adalah, desa Paringgonan, Pasar Ipuh, Kec. Ulu Barumun, desa Janji Matogu, Sisalean Kec Barumun Tengah, Desa Pasir Julu,Bonan Dolok Kec. Sosa, desa Binabo Kec. Barumun, Desa Huta Dolok Kec.Lubuk Barumun, desa Paran Julu Kec. Aek Nabara Barumun, dan Desa Sigading Kec. Huristak.

Kadis Kesehatan Palas Hj  Leli Ramayulis mengatakan, 10 desa tersebut telah menjadi program sinergitas baik  pemerintah daerah maupun pusat.

"Kesepuluh desa ini telah menjadi bagian dari pilot projek pemerintah pusat untuk ditangani secara sinergis. Karena itu, penanganannya harus dilakukan secara bersama- sama oleh pihak-pihak terkait," katanya .

Leli mengungkapkan, program intervensi penanganan stunting bisa mengentaskan kemiskinan, terutama di desa.

"Penurunan jumlah stunting dilakukan dengan intervensi lintas kementerian dan lembaga secara terkoordinir. Sebab masa­lah stunting tak hanya masalah gizi dan kesehatan, tetapi juga terkait dengan cara hidup dan pemenuhan sarana prasarana dasar masyarakat," ujar Leli.

"Kita harapkan program ini akan ter­ukur, bahwa stunting berkurang di daerah ini," paparnya.

Kata Leli, stunting bukan semata-mata soal gizi anak, tetapi terkait juga kualitas SDM dan sarana kebutuhan sosial masyarakat. Makanya, kata dia, ada pembagian penanganan masalah stunting ini.

"Pertama intervensi spesifik yang dikoordinasikan melalui Kemenkes. Ini terkait, misalnya ibu hamil, ibu menyusui, masalah asupan makanan bergizi dan makanan tambahan, dan sebagainya," jelasnya 

Intervensi kedua terkait gizi sensitif, pada penanganan yang di dalamnya juga terkait pemenuhan sarana sosial dasar bagi masyarakat. "Jadi cakupan stunting itu luas.

Hadir dalam acara itu Wakil Bupati Palas H Ahmad Zarnawi Pasaribu,  tokoh masyarakat, para kepala desa.