BANGKINANG - Persaingan sesama pembalap motor terbaik di pulau Sumatera berlanjut ke Riau daratan. Tim terbaik pabrikan dan privateer di pulau Andalas menurunkan formasi ridernya. Sebanyak 93 pembalap melebur menjadi 168 starter dalam 14 kelas perlombaan yang tersedia. Sirkuit permanen Sport Centre di Bangkinang, Kab. Kampar, Riau menjadi pusat perhatian sepanjang Sabtu (7/7/18) saat kualifikasi digelar. W2 Tapak Lapan menjadi event organizer Pirelli Motoprix Kejurnas Balap Motor Region 1 Sumatera Putaran 3 Riau 2018. "Kami berusaha menjadi tuan rumah yang baik demi suksesnya kejurnas ini," harap Yuricho Efril, Ketua Penyelenggara.

Yuricho tak sendiri. Seperti diketahui, W2 Tapak Lapan dikendalikan Wendi Sofyan. Keduanya Putra Bangkinang. "Kalau Kejurnas Motoprix Riau yang paling cocok digelar tentunya di Bangkinang. Sebab inilah sirkuit permanen yang ada di Riau," terang Wendi Sofyan.

Yaps! Kita lihat hasil Qualifying Time Trial alias QTT. Kelas para raja MP1 atau Bebek 150cc 4 Langkah Tune Up Seeded grid pertama ditempati Renggi Lukmana. Pembalap asal Sumbar dari tim Suhandi Padang 88 ini berhasil mencatat waktu tercepat 46,887 detik. Pembalap bernomor #97 ini top speed 92,156 km/jam di lap ke-7.

Grid kedua di kelas MP1 bakal ditempati Doohan Akbarruzaman dari Sumatera Selatan. Pembalap dari tim Yamaha Bintang Centula ini selisih waktunya 0,067 detik dengan Renggi. Lalu di belakangnya ada Agus Setiawan (Aceh), M. Irvansyah Putra Lubis (Sumatera Utara) dan Agung Septian Alba (Jambi) yang berada di grid kelima.

Di kelas MP2 atau Bebek 125cc 4 Langkah Tune Up Seeded, duo rider asal Sumatera Barat gemilang. Renggi Lukmana kembali akan menempati grid pertama saat balapan Minggu (8/7/18). Posisi grid kedua diisi Tofani Wijaya yang gabung ke tim Honda Delli Indako Medan. Renggi mencatat waktu tercepat 47,169 detik pada lap ke-7.

Sementara itu, Tofani Wijaya selisih 0,019 detik dibelakang Renggi. Posisi grid ketiga hingga kelima ditempati rider Doohan Akbarruzaman (Sumsel), Ahmad Zulkifli (Riau) dan Reza Fahlevi (Aceh). Di kelas para raja ini, sebanyak 22 rider di MP1 dan 18 pembalap di MP2 siap bersaing menjadi yang terdepan.

Hasil kualifikasi menarik lainnya bisa dilihat di kelas MP4 atau Bebek 125cc 4 Langkah Tune Up Pemula A. Danial, pembalap Sumbar kembali mencatat waktu tercepat. Rider yang bernaung di tim Suhandi Padang 88 ini membukukan waktu 47,696 detik dengan top speed 90,574 km/jam. Posisi di belakangnya bakal diisi Maruli Laden (Sumsel), Putera Novendra (Bangka Belitung) dan Deri Satio Sunarso (Sumut).

"Kita harap cuaca mendukung agar pembalap bisa tampil maksimal saat balapan berlangsung," ujar Yuricho Efril yang sehari-hari dikenal sebagai Camat Tapung Hilir di Kampar. Balapan ini digelar dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-72 tahun. ***