LABUHANBATU - Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, kebersihan menjadi tugas bersama untuk senantiasa dijaga. Hari Jumat merupakan hari yang pas untuk gotong royong membersihkan lingkungan sekitar. Hal inilah yang gencar dilakukan aparatur Pemerintah Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu untuk menjaga kebersihan di wilayah kecamatan yang menjadi salah satu destinasi wisata di Provinsi Sumatera Utara.

Camat Pangkatan, Chairuddin Nasution mengatakan, Jumat Bersih ini dilakukannya bersama staf dan pegawai di Kecamatan Pangkatan demi menyukseskan program Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap untuk mewujudkan seluruh wilayah khususnya Kecamatan Pangkatan menjadi lebih bersih, nyaman dan asri.

“Wilayah kita ini merupakan daerah pariwisata, jadi kita juga harus menjaga kebesihan dan keindahan. Karena, saat ini sudah banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke wilayah kita,” kata Chairuddin.

Menurut Chairuddin, Jumaat Bersih tersebut juga perlu diterapkan di setiap desa yang berada di wilayah Kecamatan Pangkatan. Bahkan, dia meminta agar aparatur pemerintah desa dapat mengajak masyarakat untuk rutin melakukan Jumat Bersih dengan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang jalan.

“Melalui kegiatan Jumat Bersih ini, kami juga ingin memberikan contoh langsung kepada masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, Jumat Bersih ini juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan lingkungan yang tidak bersih, sehingga kegiatan membersihkan lingkungan sangat penting dilakukan masyarakat.

“Harapanya melalui Jumat Bersih ini, tentunya akan mengurangi risiko terjangkitnya penyakit di tengah masyarakat akibat lingkungan yang tidak sehat,” imbuhnya.

Melalui budaya Jumat Bersih ini, masyarakat diajak untuk membersihkan lingkungan sekitar atau membakar sampah, serta mengubur sampah yang bisa menampung air, dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk seperti malaria dan DBD.

“Kami juga mengimbau kepada desa-desa yang berada di pingir jalan untuk dapat fokus dalam melakukan penanggulangan kebersihan dan sampah, karena hal ini juga merupakan salah satu kebijakan dari Pemkab Labuhanbatu untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di wilayah pariwisata,” tandasnya.