BANDA ACEH- Jalur terakhir masuk perguruan tinggi yaitu Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Indonesia Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) yang jadwal pendaftarannya telah dimulai sejak tanggal 2 Mei 2018 lalu, kini waktu pendaftarannya hanya tinggal empat hari lagi yaitu sampai 10 Juli 2018. Banda Aceh, (6/7). Husni mengungkapkan, jumlah daya tampung Unsyiah untuk jalur SMMPTN 2018 ini sebesar 30%. Sementara untuk proses pendaftarannya harus terlebih dahulu melakukan registrasi di website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/.

Selanjutnya, peserta harus melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui salah satu bank yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, BNI atau BTN. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Untuk jadwal tes tulis (UTBC) SMMPTN Barat 2018 akan berlangsung pada Selasa, 17 Juli 2018 dan Ujian Keterampilan pada Rabu – Kamis (18 -19 Juli 2018). Sementara untuk hasil seleksi akan diumumkan pada 27 Juli 2018 pukul 14.00 WIB melalui website https://pengumuman.smmptnbarat.id.

Husni mengingatkan, kepada calon mahasiswa yang akan mendaftar melalui jalur ini harus membaca semua ketentuannya dengan cermat. Segala informasi terkait proses seleksi ini dapat dilihat melalui laman www.smmptnbarat.id.

“Kita menghimbau sebelum mendaftar, calon mahasiswa harus membaca semua informasi di website tersebut. Dengan demikian, kita berharap tidak ada keleliruan dalam proses seleksi ini,” himbau Husni.

Selain Unsyiah, tercatat 14 perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia yang menggelar SMMPTN-BARAT 2018. SMMPTN merupakan satu dari tiga jalur masuk Unsyiah, selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur SMMPTN ini biasa juga disebut jalur mandiri.