TAPSEL - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara daerah pemilihan (Dapil) VII Sumut melakukan lawatannya ke Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam rangka meninjau realisasi pelaksanaan kegiatan proyek yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provsu tahun anggaran 2017. Rombongan Anggota DPRD Provsu Dapil VII Sumut diketuai Sutrisno Pangaribuan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Roby Agusman Harahap dari Fraksi Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Kadis Kehutanan Provsu Halen Purba disambut oleh Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan, Parulian Nasution beserta segenap jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tapsel, di Aula Sarasi 2 Kantor Bupati Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Kamis (5/7/2018).

Sekda Tapsel Parulian Nasution mengucapkan terima kasih atas kunjungan anggota DPRD Provsu Dapil VII Sumut beserta rombongan ke Kabupaten Tapanuli Selatan dan semoga dengan pertemuan ini dapat memberikan informasi yang aktual, sehingga ke depan pertemuan ini bisa memberikan percepatan pembangunan kepada Kabupaten Tapanuli Selatan yang kita cintai ini baik dari sisi pembangunan di bidang pemerintahan, pembangunan yang sifatnya fisik maupun non fisik maupun pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap kunker ini semakin mempererat hubu­ngan silaturrahmi, sekali­gus menjadi media bertukar infor­masi, yang nantinya memberi hasil dan manfaat yang sangat positif untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Tapanuli Selatan,” ujar Sekda.

Sekdapun mengungkapkan dalam konteks keuangan, alhamdulilah Tapanuli Selatan mendapatkan predikat terbaik mengenai pengelolaan keuangan daerah dengan nilai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI hingga empat kali berturut-turut dari tahun 2014 hingga 2017, jelasnya.

Diakhir sambutannya, Sekda menekankan kepada seluruh Pimpinan OPD Tapsel harus lebih pro aktif.

"Jadilah seperti seorang pemain bola yang ikut menggolkan dengan artian harus menjemput bola. Mengusulkan dan mengawal program pembangunan yang berpotensi mendarat di daerah kita sesuai dengan fungsi masing-masing. Sehingga kita semua berperan untuk menjadikan Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera," pungkasnya.

Adapun kunjungan kerja tersebut diisi dengan agenda rapat yang dipimpin oleh Sekda Tapsel dengan mendengarkan berbagai usulan oleh sejumlah pimpinan OPD tentang pembangunan di Tapsel. Dimana, anggarannya bersumber dari APBD Provinsi Sumut. Terutama yang berhubungan dengan infrastruktur jalan, pertanian, pendidikan dan kesehatan di bawah naungan Komisi D dan B.

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala UPT Binamarga, PSDA, Cipta Karya, Ketahanan Pangan, serta UPT Dinas Sosial dari Provinsi Sumatera Utara agar apa yang menjadi aspirasi pimpinan OPD Tapsel bisa langsung ditampung untuk dapat ditindaklanjuti tentunya.

Kadis PU Tapsel Chairul Rizal Lubis menjelaskan, di Tapsel saat ini terdapat jalan Provinsi sepanjang 113 KM. Dari panjang tersebut saat ini terdapat koridor jalan di empat Kecamatan yaitu Sipirok, Arse, Saipar Dolok Hole dan Aek Bilah, ruas jalan itu terkoneksi di dua Kabupaten yaitu Taput dan Paluta.

Dan saat ini pemkab Tapsel sudah melakukan pelebaran jalan dari simpang Kecamatan Biru ke Kabupaten Paluta. Untuk itu Rizal meminta upaya pengerasan jalan yang sudah dilebarkan tersebut agar direalisasikan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Utara.