PALAS - Kotak suara Pilgub Sumut dan Pilkada Kabupaten Padang Lawas dari 449 TPS yang tersebar 12 PPK sudah tiba di Kantor KPUD Palas. Kotak suara yang masuk paling terakhir yakni dari Kecamatan (PPK) Barumun. Hal itu disampaikan Ketua KPUD Palas, Syarifuddin Daulay melalui Komisioner KPU Divisi Logistik dan Keuangan Rahmat Effendi Siregar serta Divisi Teknis Rahmat Habinsaran Daulay di ruang kerjanya KPU, Senin (2/7/2018).

"Semua kotak suara pilgub dan pilkada sudah ada di KPU. Sekarang ini tinggal menunggu jadwal untuk rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara yang diagendakan pada Rabu (4/7/2018) nanti," kata Rahmat.

Jika sesuai jadwal yang telah ditetapkan, lanjut dia, maka rapat pleno itu dilaksanakan mulai pukul 09.00.

Rapat pleno itu diprediksi tak berlangsung lama, karena rekapitulasi yang dilakukan adalah terhadap hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan di tingkat PPK selaku penyelenggara pilgub dan pilkada di kecamatan.

Tentang perolehan suara setiap pasangan calon, kata Rahmat, hal itu belum diketahui secara pasti. Pasalnya, penghitungannya baru akan dilakukan pada Rabu (4/7/2018) mendatang.

Mengenai beredarnya rumor bahwa Pasangan TSO-Zarnawi menang di Palas, Rahmat mengatakan, kepastian akan hasil pemilihan pilgub dan pilkada baru dapat diketahui secara pasti pada saat rapat pleno tersebut.

Sesuai data perolehan suara hasil perhitungan aplikasi situng cepat yang dilakukan KPU Palas menyebutkan, pasangan nomor urut 1, Tondi Roni Tua-Syarifuddin Hasibuan 32.062 (27,50%). Pasangan nomor urut 2, pasangan TSO-Zarnawi 66.130 (56,93%) dan pasangan nomor urut 3, Rahmad P. Hasibuan-Syahrul Effendi Hasibuan 18.392 (15,78%). Partisipasi pemilih 75 % dari jumlah pemilih dalam DPT sebanyak 156.027 ribu pemilih.*