NIAS SELATAN - Usai pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) pada 27 Juni 2018 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan terus melakukan rekapitulasi surat suara. Ketua KPU Nias Selatan, Alfian Zenius Dachi menerangkan presentase rekapitulasi surat suara sudah mencapai 85 persen. Dari 35 kecamatan, kata dia, sudah 30 kecamatan yang masuk surat suara Pilgubsu dari total 740 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Rekapitulasi surat suara sudah 85 persen, dengan perincian 30 kecamatan sudah masuk," ungkapnya didampingi Komisioner KPU Nisel Divisi Logistik, Eduard Duha, Minggu (1/7/2017).

Alfian menjelaskan, surat suara yang belum masuk terdapat di ?7 kepulauan seperti di Pulau Batu, Pulau Simuk, Pulau Batu Utara, Pulau Batu Timur, Pulau Batu Barat, Pulau Hibala dan Pulau Tanah Massa.

Hal ini, imbuh Alfian, dikarenakan kondisi medan yang berbahaya seperti cuaca buruk, dan ombak tinggi di 7 kepulauan itu menjadi ?penyebab terkendalanya rekapitulasi. 

"Surat suara dan logistik di sana (Kepulauan) sudah dikumpulkan, dan tinggal dibawa menuju Kantor KPU Kabupaten Nias menaiki dua armada kapal kayu. Kalau tidak ada halangan, mudah-mudahan bisa sampai hari ini," ungkapnya.

Ia mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara Pilgubsu di Nisel berjalan aman dan sukses.

"Ini kerja keras luar biasa dari seluruh petugas KPU Nisel mulai dari PPK, PPS, dan juga dibantu oleh Panwaslu dan kepolisian sehingga berjalan aman dan sukses," pungkasnya.* ?