JAKARTA - Penggila sepakbola pasti memahami bahwa laga Rusia melawan Uruguay pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A tak mengganggu tiket ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018. Pasalnya, kedua tim sudah mengantongi masing-masing 6 poin dari dua pertandingan sebelumnya.

Hanya gelar juara Grup A saja diperoleh dalam pertandingan yang berlangsung di Samara Arena, Senin (25/6/2018) pukul 21.00 WIB itu.

Lewat mata bathin, Ki Geledek melihat sesungguhnya pelatih tuan rumah Rusia, Stanislav Cherchesov maupun pelatih Uruguay, Oscar Tobarez tidak terlalu memikirkan hasil.

Mereka lebih memikirkan mengenai kondisi fisik pemain dan menyiapkan skuat yang lebih bagus saat pertempuran di babak 16 besar nanti.

"Saya melihat baik Rusia dan Uruguay cenderung menyimpan tenaga. Kedua pelatih lebih fokus untuk mengembalikan kebugaran pemain inti yang terkuras dalam dua pertandingan sebelumnya. Di laga ini, mereka akan lebih banyak menerjunkan para pemain cadangan. Tujuannya, selain tampil lebih fresh di babak 16 besar, mereka juga bisa melihat potensi para pemain cadangan," kata Ki Geledek sembari memohon maaf karena tidak bisa hadir menemui pembaca selama dua hari.

Meski lebih didominasi pemain cadangan, kata Ki Geledek, baik Rusia maupun Uruguaya tetap menyanjikan pertandingan menarik. Dan, Rusia akan unggul 2-0 sekaligus memastikan menjadi juara Grup A.

"Pertandingan menarik karena tak ada perbedaan kualitas pemain cadangan kedua tim. Hanya saja, motivasi pemain Rusia lebih unggul mengingat tampil di hadapan pendukungnya," jelas Ki Geledek yang sangat doyan cerutu. 

Dalam waktu bersamaan, Arab Saudi akan menghadapi Mesir dalam pertandingan yang tidak menentukan. "Secara kualitas Arab jauh lebih baik dari Mesir. Jadi, Arab Saudi akan membawa kemenangan 3-1 sebelum angkat koper dari Rusia," tambahnya.***