MEDAN - Tiga pesepakbola (Pebola) muda asal Sumatera Utara terpilih untuk menimba ilmu ke Belgia. Ketiganya yakni Dede Achriansyah, Hagi Abdillah, dan Arvin Anand Horma.

Ketiga pebola muda itu terpilih untuk terbang ke benua biru dalam sebuah program pencarian bakat atau turnamen putaran final U-19 Talent Scouting from North Sumatera to Belgium di Stadion Teladan, Medan, Minggu (24/6/2018).

Mereka berkesempatan berlatih di sebuah klub amatir di Belgia bernama FCV Dender. Klub yang berlaga di liga kasta ketiga Belgia itu merupakan klub sepakbola pengusaha sekaligus penggiat sepakbola asal Sumut, Sihar Sitorus.

Ketua Pemandu Bakat event tersebut, Hadi Rahmaddani berharap, bagi yang terpilih dapat menimba lebih dalam ilmu sepakbolanya di Belgia.

"Di piala dunia, Belgia membuktikan sebagai generasi yang paling baik. Untuk itu kami berharap di Belgia nanti yang terpilih bisa menimba ilmu sepakbolanya lebih baik lagi," katanya.

Hadi mengaku belum tahu kapan ketiganya akan berangkat ke Belgia dan berapa lama menimba ilmu di sana. Namun diharapkan sudah berada di Belgia pada Agustus 2018 ini.

"Belum tahu berapa lama mereka di sana karena mereka akan dipantau terus perkembangannya dan kami berharap Agustus ini mereka sudah di sana karena kompetisi di Eropa sudah bergulir di bulan itu," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemain yang terpilih kemungkinan masih membutuhkan persetujuan lagi terutama dari pihak orang tua. "Mereka yang terpilih ini masih pelajar dan nantinya di sana akan selama beberapa bulan jadi kemungkinan akan menggangu sekolah mereka sehingga membutuhkan persetujuan dari orang tua," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Sihar Sitorus menyebutkan, perjuangan ketiganya menjadi yang terpilih tidaklah mudah karena melalui proses seleksi dari 597 pesepakbola muda asal Sumut lainnya.

"Selamat atas keberhasilannya, para pemain-pemain ini telah merasakan bahwa untuk maju itu ada proses. Tidak ada yang instan langsung berhasil. Ada proses dan ada perjuangan yang harus dilalui," ungkap Sihar.

Didampingi mantan pemain Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, Sihar mengatakan, dengan usia muda para pesepakbola hanya memiliki dua pilihan. Pilihan itu pula yang harus ditekankan kepada ketiganya untuk menjalani tahapan selanjutnya yakni try out di Belgia.

"Terpenting kalian harus siap mengambil satu pilihan. Kalian ada dua pilihan. Pertama sebagai siswa, menempuh jalur pendidikan dan kedua sebagai atlet. Selain itu selama di sana nantinya tentu saingannya tidak seperti di sini. Namun inilah bukti suatu kompetesi dan kalian harus menyesuaikan diri," tandasnya.***