LABUHANABATU - Kepala Kepolisian Polres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang menghadiri rapat sekaligus pengecekan logistik Pilgubsu tahun 2018 di Kantor KPU Jalan WR Supratman No. 52 Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, kabupaten Labuhanbatu, Jumat (22/6/2018) sore. Pada pendistribusian yang dilakukan pada Sabtu (23/6/2018) nanti, logistik ini akan dikirim ke empat lokasi, yakni Kecamatan Pangkatan, Panai Hulu, Panai Tengah, Panai Hilir. Begitupun, khusus desa yang terjauh, pendistribusian logistik ini diperbolehkan menginap satu malam di kantor Kepala Desa.

Pada rapat koordinasi persiapan distribusi logistik Pilgubsu tahun 2018 ini dihadiri Kapolres AKBP Frido Situmorang didampingi Kabag OPS Kompol Janner Panjaitan, Kasat Intelkam AKP Maga Simarmata, bersama Ketua KPU Labuhanbatu Hj. Ira Wirtati, Komisioner KPU, H. Ilham Maulana, Idham, Ghazali Harahap, Kakan Kesbang Labuhanbatu H. Hasnul Basri Siregar, Kasat Pol PP Labuhanbatu H. A. Haris Nasution, Komisioner Panwaslih Labuhanbatu, Parulian Silaban, Kabid KTP Disduk Capil Labuhanbatu H. Sahnan Siahaan, dan Sekretaris KPU H. Khairuddin.

Dalam rapat tersebut, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang menyampaikan akan menyiapkan personel untuk mengawal logistik hingga sampai ke kecamatan. Bahkan, pada 26 dan 27 Juni 2018 malam, Polri akan menyiapkan kapal/boat untuk mengangkut kotak surat suara dari kantor Desa ke TPS maupun TPS ke Kantor Desa.

"Saya mengimbau tanggal 27 Juni 2018 malam, kotak surat suara sudah dikumpul di PPK guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Selain itu, AKBP Frido juga mengimbau agar pada 28-29 Juni 2018 setelah rapat pleno di PPK, kotak surat suara segera didistribusikan ke Kantor KPU.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaslih Kabupaten Labuhanbatu Makmur Munte melalui Komisioner Panwaslih Labuhanbatu Parulian Silaban menjelaskan, pihaknya akan menyurati Panwas Kecamatan, Desa/Kelurahan dan PPL agar stand by di TPS pada 27 Juni 2018 pukul 06.00.

"Apabila ada temuan di lapangan, maka panwas harus melihat permasalahan yang terjadi. Kalau ada suatu kelompok yang sifatnya mengajak untuk mencoblos salah satu paslon, itu tidak diperbolehkan," jelasnya.

Secara terpisah, Kakan Kesbang Labuhanbatu H. Hasnul Basri Siregar menyebutkan, pihaknya akan menyurati para Camat untuk stand by di Kantor Camat guna menyambut logistik kotak surat suara dan bilik suara. Camat juga diminta untuk tetap berkoordinasi dengan Polri sebagai pengamanan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitupun juga dengan Kasat Pol PP Labuhanbatu H. A. Haris Nasution. Dirinya juga akan mensiagakan personel di Kantor Camat untuk mengecek logistik surat suara dan bilik suara yang datang dari KPU guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kasat Intelkam AKP Maga Simarmata juga memberikan informasi terkait adanya giat Sholat Shubuh dan sarapan pagi bersama guna mengajak masyarakat untuk mencoblos salah satu paslon, KPU dan Panwaslih harus mengantisipasi apabila ada temuan tersebut di TPS pada 27 Juni 2018.