MEDAN – Alumni SMA Negeri 11 Medan Jalan Pertiwi, menggelar halal bil halal Idul Fitri 2018 di Hotel Madani, Medan. Ratusan alumni dari sekolah yang dulunya bernama SMAN 10 Medan ini, hadir memeriahkan acara memperkuat silaturahim ini, Senin (18/6/2018). Tampak hadir alumni dari lintas angkatan mulai dari 1981 hingga 2017. Selain itu, sejumlah alumni yang berdomisili di luar daerah seperti Pematangsiantar, Aceh, Jawa Barat dan Kepulauan Riau, juga tampak hadir karena sedang mudik lebaran ke Kota Medan.

Ketua Panitia Halal bil Halal Alumni SMA 11 Medan, dr Johny Marpaung, M.Ked (OG), Sp.OG, mengatakan, halal bil halal ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan. Forum Silaturahim Alumni SMAN 11/10 Medan dipercaya menjadi penyelenggara.

“Memang, tahun ini kami gelar lebih besar karena alumni kami semakin banyak dan sudah menyebar di seluruh Indonesia,” kata Marpaung.

Johny mengatakan, dengan halal bil halal Idul Fitri ini, pihaknya berharap kebersamaan dan persatuan alumni SMAN 11/10 Medan tetap terjaga. Sebab, jumlah alumni yang mencapai ribuan adalah potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan sekolah dan juga menguatkan silaturahim para alumninya.

“Kami besar hati karena hampir 600 orang alumni yang hadir. Ini menunjukkan semangat berkumpul para alumni cukup besar. Buktinya ada kawan-kawan alumni yang pulang dari berbagai provinsi untuk mudik ke Medan, ikut berpartisipasi dan hadir dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Marpaung menambahkan, alumni SMAN 11/10 Medan memiliki komitmen agar sekolah yang pernah menjadi tempat belajar mereka semakin maju ke depannya. Maka itu, kontribusi nyata akan terus diberikan untuk sekolah.

“Kami juga bangga, tahun ini ada 61 orang alumni yang lulus jalur undangan ke universitas negeri (SNMPTN). Ini membuktikan, sekolah kami ini meskipun letaknya di pinggiran kota, tapi kualitasnya kosmopolitan (mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas, red),” kata Johny.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan, Drs Mahyudin, menambahkan, kegiatan halal bil halal ini secara tidak langsung juga menjadi ajang reuni. Selain seluruh angkatan terlihat hadir, halal bil halal ini juga dihadiri alumni yang non-muslim.

Sebelum halal bil halal ini, Ikatan Alumni SMA 11/10 Medan juga melaksanakan jalan santai keluarga besar alumni dan juga menggelar buka puasa bersama sekaligus menyalurkan santunan untuk anak yatim pada bulan Ramadan yang baru berlalu.

“Saya sebagai alumni dari angkatan pertama (1981), tentu senang bisa bertemu dengan adik-adik saya di sini. Lebih jauh lagi, tentu kegiatan semacam ini menjadi ajang untuk menyatukan semua potensi semua alumni. Baik untuk sekolah, maupun alumni sendiri,” pungkasnya.

Dari pantauan kegiatan halal bil halal ini dimulai sekitar pukul 11.00. Selain sambutan para alumni, hiburan dan testimoni dari alumni yang berdomisili di luar Sumatera Utara, turut hadir memberikan sambutan Kepala SMAN 11 Medan, K Lumbantoruan.

Dalam kesempatan itu, Lumbantoruan berterimakasih atas keberadaan para alumni yang cukup solid.

“Terimakasih, karena kita semua termasuk para alumni sudah berkomitmen untuk memajukan sekolah yang kita cintai ini,” kata Lumbantoruan.*