ASAHAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hj Nurhajizah Marpaung bersama rombongan mengadakan Safari Ramadhan dan buka puasa bersama warga Air Joman, Selasa (12/6/2018) kemarin di Masjid Besar Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan. Kedatangan Wagubsu Nurhajizah mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Bahkan, seratusan ulama, anak yatim dan masyarakat mendoakan orang nomor 2 Sumut ini, agar terus mendapat kesehatan dan berkarya untuk Sumut, khususnya di tanah kelahirannya Asahan.

Ketua MUI Kecamatan Air Joman Mulia Sakti Siregar dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Nurhajizah sebagai Wakil Gubernur Sumut membuat warga Asahan bangga, karena sangat peduli pada masyarakat Sumut, terlebih Kabupaten Asahan.

"Untuk itulah masyarakat Asahan masih berharap agar Ibu Nurhajizah tetap memperhatikan Kabupaten Asahan meski tak lagi menjabat sebagai Wagubsu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagubsu Nurhajizah menyampaikan terimakasih atas sambutan yang sangat baik dari warga Air Joman. Dikatakannya, Safari Ramadhan selain menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) juga menjadi ajang silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakatnya.

"Dari silaturahmi kita punya keuntungan mulai dari menambah rezeki, kesehatan, juga kita bisa mengetahui keberadaan masyarakat atau saudara kita," katanya.

Nurhajizah mengakui, Safari Ramadhan ini merupakan yang ketiga kalinya ia lakukan di Asahan. Karena sebagai putri daerah sangat prihatin dengan maraknya kasus narkoba di kalangan remaja di kampung halamannya (Asahan).

"Kita tahu kalau Asahan dan Tanjung Balai sangat dekat dengan pintu masuknya bahan-bahan narkotika, untuk itu saya berharap kepada semua instansi terkait termasuk aparat penegak hukum untuk menutup atau terus mengawasi jalur atau pintu masuk narkoba tersebut," harapnya.

Kata Nurhajizah, kasus narkoba tidak hanya melanda orang dewasa, tapi juga para remaja putra dan putri.

"Saya melihat sendiri jumlah pengguna dan korban narkoba sangat banyak di Lapas Tanjung Gusta, khususnya remaja putri, dan info yang saya dapat awalnya mereka adalah korban, hingga menjadi pemakai. Oleh karena itu, mari kita jaga dengan mengawasi prilaku sehari-hari anggota keluarga kita agar tidak terjerumus ke narkoba," katanya.

Disampaikan juga, telah dibangun kantor balai pengawasan makanan dan minuman untuk mengetahui kualitas dari produk makanan dan minuman, kosmetik impor yang beredar di Kota Tanjung Balai.

"Mengingat Kota Tanjung Balai juga merupakan pintu masuk makanan dan minuman juga kosmetik impor tak perlu lagi ke Medan untuk mengetahui kandungan dari produk impor tersebut," ujarnya.

Safari Ramadhan yang berlangsung tertib dan penuh kekeluargaan itu juga diisi dengan pemberian tali asih dan cinderamata kepada para ulama dan anak yatim.

Turut hadir dalam acara itu Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provsu Hj Nurlela, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus, Ketua MUI Kecamatan Air Joman Mulia Sakti Siregar, para ulama dan tokoh masyarakat.