TAPSEL - Kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Tantom Angkola menjadi satu pilar kuat untuk mendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). "Perbedaan suku dan agama tak pernah jadi masalah. Masyarakat Tantom hidup berdampingan, rukun dan damai," puji Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, pada Safari Ramadhan di Masjid Nurul Iman Desa Batu Horpak, Kecamatan Tantom Angkola, Jumat (8/6/2018).

Meski Safari Ramadhan ini diprogramkan untuk agama Islam, namun puluhan tokoh dan perwakilan umat Kristiani tetap hadir. Mereka mengikuti rangkaian acara sampai tuntas, walau sempat terjeda karena pelaksanaan shalat Isya dan Tarawih.

Untuk itulah, Bupati Tapsel meminta agar kerukunan antar ummat beragama di Tantom tetap dipertahankan dan patut ditiru oleh kecamatan lainnya. Karena kerukunan antar ummat beragama itu merupakan satu pilar pendukung suksesnya pembangunan, pintanya.

Hadir pada safari tersebut Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Wakil Ketua DPRD Kab. Tapsel Naswardi Sihaloho, Sekretaris Daerah Parulian Nasution, Kakan Kemenag Saripuddin Siregar, Dirut BUMD Hamdan Nasution, pimpinan OPD dan organisasi keagaman serta ratusan masyarakat.

Rangkaian safari diawali dengan penyerahan santunan bagi 15 anak yatim, lima fakir miskin, enam orangtua jompo dan bantuan seragam Tim Penggerak PKK dari Gubernur Sumatera Utara kepada tujuh desa di Kecamatan Tantom Angkola.

Setelah itu dilanjutkan tausiyah olen Al-Ustadz Zul Anwar Adzim Harahap dan dalam tausiyahnya mengulas tentang umat yang tidak cerdas dalam beribadah. Sehingga ibadahnya sia-sia atau tidak berguna.

"Allah mewajibkan muslim mengamalkan Islam secara kaffah atau menyeluruh. Jika setengah-setengah atau dari satu sudut pandang saja, dari situlah munculnya radikalisme," terangnya.