MEDAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan bekerjasama dengan Dikyasa Polrestabes Medan melakukan penertiban di Jalan Thamrin, khususnya di depan Sekolah Yayasan Perguruan Sutomo, Sabtu (9/6/2018). Penertiban yang dilakukan dalam bentuk imbauan dan pengaturan parkir guna menghindari terjadinya parkir berlapis yang dapat memicu terjadinya kemacetan arus lalu-lintas.

Saat penertiban di Jalan Thamrin, konsentrasi kenderaan bermotor cukup tinggi, sebab Yayasan Perguruan Sutomo sedang melaksanakan pembagian rapor para siswa. Itu sebabnya orang tua siswa pun berdatangan dengan membawa mobil pribadi untuk mengambil rapor anaknya. Akibatnya, bahu jalan depan sekolah ikut dijadikan lokasi parkir.

Menghindari terjadinya kemacetan, Dishub dan Dikyasa Polrestabes Medan pun langsung bersinergi untuk mencegah terjadinya parkir berlapis. Seluruh petugas yang diterjunkan pun bahu-membahu mengatur parkir kenderaan agar tidak mengganggu kelancaran arus lalu-lintas. Di samping itu petugas tak putusnya mengimbu kepada para orang tua siswa agar tidak parkir berlapis.

“Kita bekerjasama dengan Dikyasa Polrestabes Medan melakukan penncegahan terjadinya kemacetan arus lalu-lintas menyusul dilakukannya pembagian rapor di Perguruan Sutomo. Jika tidak kita tangani, kemacetan akan terjadi karena bahu jalan dipergunakan sebagai tempat parkir. Padahal sama-sama kita ketahui volume kenderaan bermotor yang melintasi kawasan ini cukup tinggi,’ kata Kadishub Kota Medan Renward Parapat.

Oleh karenanya jelas Renward, sebelum pukul 07.00 WIB, petugas Dishub dan Dikayasa Polrestabes Medan telah turun ke lokasi untuk melakukan pengaturan sekaligus memberikan himbauan guna men ghindari terjadinya parkir berlapis. “Alhamdulillah, berkat kerjasama yang dilakukan, kita mampu mengatasi terjadinya kemacetan,” ungkapnya.

Dikatakan Renward, kerjasama antara Dishub dan Dikyasa Polrestabes Medan seperti ini rutin dilakukan dalam upaya mencegah maupun mengurai kemacetan yang terjadi di sejumlah titik di Kota Medan, termasuk dalam melakukan rekayasa lalu-lintas. “Kerjasama ini kita lakukan dalam upaya memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan,” jelasnya.

Usai melakukan penertiban di Jalan Thamrin, petugas Dishub dan Dikyasa Polrestabes Medan selanjutnya bekerjasama kembali melakukan pemasangan water blook untuk pengalihan arus lalu-lintan di seputaran Jalan Prof HM Yamin samping BRI Putri Hijau. Pemasangan water blook dilakukan sebagai upaya mendukung kelancaran arus lalu lintas.

Pemasangan water blook berjalan lancar disaksikan Kadishub Kota Medan Renward Parapat serta Wakasat Lantas Polrestabes Medan, para petugas Dishub dan Dikyasa Polrestabes pun meletakkan water blook di lokasi yang telah ditetapkan sebagai salah satu upaya yang dilakukan guna mengurangi kemacetan.