MEDAN - Banyaknya industri rumahan yang dijalankan oleh masyarakat, menarik perhatian calon Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. Seperti saat berkunjung ke produsen pengolahan minyak kelapa, milik seorang warga di Perumahan Bumi Serdang Damai, Marindal, Deliserdang, Jumat (8/6/2018). Menurutnya, kegiatan seperti itu merupakan potensi dan hal yang baik. Dari banyaknya industri rumahan yang ada saat ini, menunjukkan masyarakat Sumut banyak yang memiliki kemampuan untuk berkarya dan menghasilkan produk dengan mandiri.

"Ini potensi yang baik ya, kalaulah hal semacam ini bisa dikembangkan, maka saya rasa akan lebih bagus lagi," ujar pria yang akrab disapa Ijeck itu.

Untuk bisa membantu masyarakat mengembangkan usahanya, ia merasa nantinya dari pihak pemerintah wajib untuk ikut serta. Seperti memberikan penyuluhan-penyuluhan, dan menjadi penyambung masyarakat jika masih kesulitan dalam mendapatkan pangsa pasar yang baik.

"Karena seperti kata pemilik tadi, produk-produk ini sudah banyak digunakan di tempat-tempat terapi. Untuk itu kalau bisa produk yang dihasilkan masyarakat ini merambah pasar nasional, dan internasional," ucap ayah empat anak ini.

Berdasarkan keterangan pemilik rumah Wiras, produk yang mereka buat bertipe herbal, dan berbahan dasar alami. Kali itu, mereka menunjukkan dua produk hasil karyanya kepada Ijeck, berupa minyak kelapa murni dan sabun.

"Kita ada minyak yang bisa digunakan untuk berbagai macam obat, dan juga sabun. Semuanya menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, kemudian minyak jarak. Nah ketiganya dicampur, tapi kita juga ada tambahan bahan lain yang masih alami," ucapnya.

Alasan dirinya bersama sang suami membuat beberapa produk tersebut, agar masyarakat bisa mendapatkan produk yang berkualitas. Dan tentunya yang di dalamnya terkandung bahan-bahan alami, yang aman dan tidak berbahaya jika digunakan untuk tubuh.

"Dulunya saya kan pengguna body soap, tapi saya rasa sekarang sudah banyak menggunakan bahan-bahan yang tidak berguna bagi tubuh. Jadi saya banyak belajar sehingga bisa bikin sendiri dari bahan yang 100% alami," katanya.

Ia mengaku senang Ijeck menyempatkan diri mampir untuk melihat beberapa hasil karyanya. Ia berharap, nantinya Cawagub Sumut yang berpasangan dengan Edy Rahmayadi tersebut, dapat mengemban amanah dengan baik. Dan juga tetap merangkul seluruh kalangan masyarakat Sumatera Utara.

"Mudah-mudahan beliau Istiqomah dan bisa melaksanakan apa yang seharusnya menjadi tanggung jawab seorang pemimpin," pungkasnya.*