MEDAN - Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi melakukan peletakan batu pertama pembangunan arena Musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat Nasional (MTQN) XXVII/2018 dan sarana gedung olahraga di komplek Sport Center Sumut, Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Rabu (6/6/2018).

Kegiatan diawali apel bersama sekaligus deklarasi Pilkada damai dipimpin Kadispora Sumut Baharuddin Siagian sebagai inspektur upacara. Ikrar dihadiri sejumlah pelajar, mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), organisasi pemuda dan masyarakat Sumut.

Kegiatan dilanjutkan peletakan batu pertama sekaligus penandatanganan prasasti pembangunan sarana dan prasarana arena MTQ tingkat nasional 2018, yang langsung dilakukan Gubernur Sumut H Tengku Erry Nuradi, sejumlah unsur pimpinan organisasi pemuda dan insan olahraga.

Gubsu Erry Nuradi mengaku bangga atas terpilihnya Sumut menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional yang terakhir kali pada tahun 1971. Artinya, sudah 47 tahun lamanya Sumut menantikan kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara. Maka, Pemprovsu bersama pemerintah kabupaten/kota mempersiapkan diri sebagai tuan rumah salah satunya membangunan kawasan arena yang dijadikan pelaksanaan MTQ 2018 yang berlangsung selama 10 hari.

“Arena MTQ akan kita bangun untuk sarana dan prasaranan semua kegiatan. Usai MTQ, kita jadikan alun-alun dan gedung ini sebagai tempat kegiatan pemerintah Sumut, sekaligus menjadi lapangan alun-alun Provinsi Sumut. Nanti ini juga bisa menjadi lapangan olahraga provinsi yang lebih luas ketimbang lapangan Merdeka atau lapangan Benteng Medan,” jelas Erry Nuradi.

Erry berharap, siapapun nanti yang bakal memimpin Sumut 5 tahun ke depan, agar kiranya lokasi pembangunan MTQ maupun sport centre yang berada di kawasan Pancing seluas kurang lebih 25 hektar agar terus mendapat perhatian dan dirawat dengan baik.

“Kita harapkan kepada calon gubernur Sumut ke depan lokasi ini bisa dipelihara dan menambah prasarana lain sehingga bisa menjadi ruang terbuka hijau sekaligus arena sport centre bagi masyarakat Sumut,” ucap Gubsu.

Gubsu Erry Nuradi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh elemen pemuda dan insan olahraga yang tetap menjaga kekondusifan Sumut hingga saat ini. Erry berharap kerja sama seluruh stakeholder dan unsur pemuda untuk sama-sama menjaga kekondusifan selama proses pilakda serentak 2018 di Sumut, dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa meski dengan pilihan berbeda.

“Hari ini para pemuda Sumut melaksanakan deklarasi pilkada damai dan peringatan hari lahir pancasila. Dengan berlandaskan ideologi Pancasila, meski berbeda-beda pilihan kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa seperti yang diamanatkan pada sila ke tiga pancasila,” harap Gubsu.

Penandatanganan Prasasti

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pencantuman nama mantan gubernur yang dijadikan nama gedung olahraga. Diantaranya GOR Futsal Tengku Erry Nuradi, kolam renang selayang Marah Halim, GOR Raja Inal Siregar, gedung PPLP Tengku Erry Nuradi, Gedung Serbaguna Tengku Rizal Nurdin, Gedung Boling Rayati Syafrin, serta Stadion Mini Kaharuddin Nasution.

“Pemberian nama gedung olahraga dengan nama mantan gubernur sebagai penghargaan bagi mereka yang telah berjasa dan mendharma bhaktikan dirinya bagi Sumut dan masyarakat. Seabgai bangsa yang besar, wajar bagi kita untuk memberikan penghargaan dengan mencantumkan nama-nama mantan Gubernur Sumut,” ucap Erry.

Sementara Kadispora Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, pemberian nama mantan gubernur di sejumlah gedung olahraga sebagai penghormatan para gubernur Sumut sejak 1948 hingga saat ini.

“Penghormatan yang kita berikan berupa pemberian pencantuman nama mantan gubernur terhadap gedung olahraga. Kami berharap hal ini bisa menambah semangat dan motivasi atlet Sumut bisa meraih prestasi lebih baik ke depan. Apalagi pada PON 2024, Sumut dan Aceh dipercaya menjadi tuan rumah bersama,” ucap pria yang akrab disapa Bahar itu. 

Puncak seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan buka puasa bersama di dalam GOR Futsal Tengku Erry Nuradi dihadiri ribuan masyarakat. Kegiatan dihadiri Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis dan pimpinan organisasi pemuda dan masyarakat.(Aldi Aulia)