TEBING TINGGI - Upaya pengadaan air bersih harus terus dilakukan oleh pemerintah daerah (Pemda). Mengingat, ketersediaan air bersih penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi pada penandatanganan naskah Kesepakatan Bersama tentang Penyelenggaran Sistem Penyediaan Air Minum Regional Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai, Senin (4/6/2018) di Balai Kartini Terbing Tinggi.

Hadir pada acara tersebut Walikota Tebing Tinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, Bupati Sergai H Soekirman, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, Sekda Tebing Tinggi H Johan Samose Harahap. Mendampingi Gubsu Erry Nuradi, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provsu Lukmanul Hakim dan Kepala Biro Otonomi Daerah Setdaprovsu Basarin Yunus Tanjung.

Gubsu Erry Nuradi mengatakan, pengadaan air merupakan langkah maju untuk mengurangi permasalahan pelayanan, efisiensi pemanfaatan SDA dan lingkungan hidup, serta pelaksanaan program pembangunan untuk pelayanan publik. Karena itu, penting adanya penandatanganan naskah kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan Pemkab Serdang Bedagai tentang penyelenggaran sistem penyediaan air minum regional.

"Kita semua berharap akan tercipta hubungan antara Pemda untuk saling mendukung dan saling membutuhkan, koordinasi, sinkronisasi, sinergitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat di kedua daerah ini," ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Erry Nuradi, juga ada beberapa keuntungan yang akan didapat oleh daerah yang bekerjasama melaksanakan fungsi pemerintah dalam bidang pembangunan dan pelayanan publik, antara lain kekuatan daerah yang bekerjasama dalam mengatasi masalah lebih besar, dibandingkan jika ditangani sendiri-sendiri. Kemajuan yang diperoleh daerah yang bekerja sama juga akan lebih cepat, dengan berbagi informasi dan pengalaman.

Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan salah satu upaya pembangunan di daerahnya, yang tujuannya menfasilitasi air bersih kepada masyarakat Tebing Tinggi.

"Pengadaan air bersih tujuanya tidak hanya untuk keperluan MCK saja, juga untuk air minum. Maka kita juga berharap pengadaan air bersih juga dijaga kualitas dan kuantitasnya, karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak," jelasnya.