TAPUT - Kolam mandi air soda di Desa Parbubu I Sampuran, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menjadi salah satu tujuan mengisi liburan, baik bagi masyarakat lokal maupun dari luar kota.

Air soda merupakan fenomena alam dan menjadi salah satu anugerah bagi masyarakat di Taput. Mendengar ada pemandian air soda, masyarakat pun akan penasaran seperti apa sebenarnya.

Airnya sangat jernih, dan rasanya soda. Bila airnya masuk dalam mata, akan terasa pedih. Banyak pengunjung selesai mandi, membawa oleh-oleh air soda yang dikemas misalnya ke dalam jerigen.

Salah seorang pengunjung, Abdulrahman Manurung (40) menuturkan mereka datang dari Binjai khusus untuk mandi di kolam air soda.

Abdulrahman menyebut, wisata pemandian air soda sudah menjadi agenda kunjungan mereka dalam tahun ini.

"Kami rombongan sekolah Minggu dan guru sekolah Minggu dari jemaat gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Purwodadi, Jalan Binjai KM 10,8. Dalam tahun ini salah satu agenda kunjungan wisata ke pemandian air soda ini," sebutnya.

Rombongan 14 orang dengan menggunakan 2 unit mobil mini bus, jelas Abdulrahman Manurung, berangkat dari Binjai sekitar pukul 23.00 WIB (Kamis). Dia mengaku baru kali ini berkunjung ke pemandian air soda dan kenyataannya sangat luar biasa anugerah Tuhan.

Kolam mandi air soda di Tarutung ini adalah pemandian air soda satu-satunya yang ada di Indonesia. Pemandian ini dikembangkan sejak tahun 1976 menjadi objek wisata yang dikelola oleh Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/br Sihite).

Minar Shite adalah seorang bidan yang pulang ke kampang halaman di Tarutung. Tanpa diduga ibu tersebut berjalan ke lokasi air soda yang ditumbuhi semak belukar dan menemukan air soda di daerah tersebut.

Kolam berbentuk setengah lingkaran dengan luas sekitar 10 meter. Kedalaman kolam untuk di tengah sekitar 1,7 meter, sedangkan di pinggir kolam aman untuk anak-anak.

Untuk masuk dan mandi di kolam air soda ini tidak dikenakan bayaran alias gratis. Biasanya, pengunjung usai mandi pesan minum teh, kopi dan lainnya. Juga makanan ringan mi instan dan lainnya di kedai sekitar kolam mandi. ***