SIDIMPUAN - Raja-raja luat di Padang Sidimpuan dan Tapanuli Selatan (Tapsel) tegas menyatakan akan memilih putra asli daerah Batak.

Selain memilih, para raja tersebut juga mengajak seluruh warga berjuang memenangkan calon pemimpin yang berdarah Batak dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2018 ini.

  Pernyataan tersebut disampaikan saat silaturahmi bersama raja-raja luat di Sidimpuan dan Tapsel usai acara buka puasa bersama dengan Sihar Sitorus. Raja-raja yang hadir dalam silaturahmi tersebut yakni Raja Patuan Kumala Pandapotan Pulungan dari Luat sayur Matinggi, Tongku Maraden Harahap (Raja Hutaimbaru), Tongku humala Ritonga (Joring Poso), Sutan Raja Perhimpunan Harahap (losung batu), H Mangaraja Oloan Tua Harahap (Simapilapil), Baginda Panindoan Hasibuan (joring Poso), Sutan Habinsaran Mompang Siregar, Sutan Bangun Batari Harahap (panyangar), Baginda Kalom Harahap (joring na tobang), Mangaraja Harahap (batu na dua), Baginda Rimanan Nasution (Maria Pangkal Dolok) Tongku raja bumi Siarangkarang, H Sutan Malim Harahap (Raja Mompang) dan  Edison Rambe atau Sutan Pangeran Mahkota Alam dari Istana hasadaon.

Patuan Kumala Pandapotan Pulungan mengatakan bahwa dalam Pilgub Sumut saat ini hanya ada satu putra asli Batak yang maju, yaitu Sihar Sitorus. Selain putra Batak asli, Sihar Sitorus juga adalah bagian dari keluarga Tapsel. Di sisi lain, keluarga Sihar Sitorus juga orang yang sangat menghargai budaya dan peradaban.

Serta tidak pernah mempersoalkan agama dalam membantu sesama. Serta keluarga dermawan yang memiliki catatan baik dalam lingkungan sosial masyarakat.

  "Siapa yang tidak mengenal keluarga Sitorus, dermawan dan suka membantu. Di sisi lain kita mendukung putra kita yang layak maju karena memang jujur. Jadi darah kita harus terpanggil. Karena hanya satunya putra kita yang maju," terangnya.

  Patuan Kumala Pandapotan Pulungan menjelaskan bahwa dalam lingkungan sosial di Tapanuli Selatan masyarakat selalu rukun. Karena itu tidak boleh dipecah belah dengan isu-isu yang tidak baik.

"Demikian juga keluarga Sitorus, mereka sudah sangat banyak membantu. Tidak bisa kita hitung lagi berapa banyak yang diberangkatkan untuk naik haji dan menjalankan umrah. Karena itu tidak ada lagi alasan untuk tidak memilih Sihar," jelasnya.

 
H Sutan Malim juga mengatakan bahwa jika melihat dari kepribadian Sihar Sitorus, maka hanya dia yang pantas memimpin Sumut. Dalam pertemuan bersama Sihar sudah sangat jelas dirasakan bahwa dia berkarisma dan mampu menjadi panutan. Karena itu dia selaku keturunan Pane sudah menunjukkan bahwa dia bagian dari Tapsel, terlebih Sidimpuan.

"Jadi kami berdoa agar langkahnya menjadi pemimpin dikabulkan Yang Maha Kuasa. Karena dia putra kami," jelasnya.

  Dalam pertemuan bersama raja-raja tersebut, Sihar mengatakan bahwa dia maju mendampingi H Djarot Saiful Hidayat untuk membangun Sumut. Serta nantinya akan berjuang untuk kebaikan bersama. Termasuk masyarakat masyarakat adat yang ada di Sumut. ***