SERGAI - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Di mana, bulan ini kehadirannya sangat dinanti-nantikan umat muslim di seluruh dunia termasuk masyarakat khususnya pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai..

Kabupaten yang dijuluki Tanah Bertuah, Negeri Beradat ini merupakan kabupaten multi etnis, beragam suku, budaya dan agama dengan mayoritas dihuni umat Muslim menjadikan penyambutan bulan suci Ramadhan sangat terasa.

Setiap malam umat muslim di seluruh kecamatan se-Sergai memadati masjid-masjid dalam melasanakan sholat Tarawih. Usai sholat Tarawih sebagian melaksanakan tadarusan sampai tengah malam.

Tidak mau ketinggalan Pemkab Sergai ikut meramaikan sulan suci Ramadhan dengan menggelar kegiatan safari. Pemkab Sergai membentuk 17 tim safari Ramadhan untuk mengunjungi masjid-masjid di seluruh kecamatan yang ada di Sergai.

Tim safari Ramadhan dipimpin langsung Bupati Sergai H Soekirman, Wakil Bupati Darma Wijaya dan para kepala SKPD ini digelar dalam upaya meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat muslim diseluruh kecamatan se-Sergai dan memberikan bantuan pada masyarakat melaksanakan tadarus dan bantuan untuk mesjid.

Dalam mendukung kedatangan bulan suci Ramadhan, Pemkab Sergai juga mengadakan pasar murah di setiap kecamatan. Kegiatan ini untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan sambako dan kebutuhan lainnya dijual dengan harga murah selama bulan ramadhan.

Kegiatan pasar murah ini mendapat sambutan dari lapisan masyarakat kelas menengah ke bawah. Di mana sebagian besar masyarakat memborong bahan-bahan dijual dengan harga dibawa harga pasar.

Selain itu Bupati juga melakukan pemantauan harga sembako dengan melakukan kunjungan ke pasar-pasar tradisional dengan tujuan agar saat bulan ramadhan para pedagang tidak menaikkan harga sembako sehingga masyarakat tidak terbebani.

Kenikmatan dan kebersamaan dapat dirasakan Bupati Sergai saat melakukan safari Ramadhan. Dimana Soekirman dapat duduk dan berbuka puasa bersama dengan masyarakat bawah di halaman masjid.

Selain itu dapat berkomunikasi langsung dalam mengikat tali silaturahmi antara pemimpin dan masyarakat. Hal itu menjadikan adanya kedekatan antara Bupati dengan masyarakat tanpa adanya jarak.

Di setiap melakukan safari ramadhan, Bupati berpesan pada masyarakat Sergai agar berhati-hati jangan mudah terpancing dengan beredarnya berita-berita hoax (bohong) dimedia sosial. Pasalnya berita hoax banyak mengandung berita bersifat bohong tanpa jelas sumber kebenarannya.

Bagi bapak 5 putra ini, Pemerintah harus dapat memberikan arahan pada masyarakat agar selalu menjaga hubungan baik dengan mengikat tali silaturahmi selama bulan suci Ramadhan dengan banyak melakukan ibadah dan bersadakah.

Danrem 022/PT Kolonel Arm Khoirul Hadi ikut menemani Bupati Sergai melaksanakan safari Ramadhan mengakui Kabupaten Sergai merupakan salah satu daerah kondusif di Sumut dengan tidak terpancingnya dengan isu-isu nasional sempat berkembang dalam kurun beberapa waktu lalu melanda Indonesia.

Menurut Danrem, kondusifnya sudah daerah tergantung dari masyarakatnya tidak cepat percaya dengan banyaknya berita-berita hoax (bohong) dan mudah terpancing dengan isu dapat memecah belah persatuan.

Sehingga masyarakat harus bisa menyaring informasi diterima sehingga kita tidak terpancing hal menyesatkan terutama dalam bulan suci ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan penuh pahala sehingga masyakat Muslim harus banyak berbuat kebajikan.

Keberkahan Ramadhan di Sergai diwarnai dengan suka cita dalam melampiaskan rasa rindu mendalam dengan kehadiran Gubsu HT Erry Nuradi didampingi Istri Ny Hj Evia Diana mengunjungi Sergai dalam melaksanakan safari Ramadhan.

Kerinduan itu selain dirasakan masyarakat, ternyata juga dirasakan Erry Nuradi dan istri. Di mana mantan Bupati Sergai ini mengaku kedatangannya ke Sergai seperti pulang kampung. Hal itu membuktikan rasa suka cita terjadi di saat Ramadhan di tanah bertuah.