JAKARTA - Harga kebutuhan pokok pada Bulan Ramadhan cenderung stabil dan masih terjangkau oleh masyarakat. Wakil Ketua Komisi VI DPR Dito Ganinduto menilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan mitra terkait sudah betul-betul hadir untuk masyarakat karena sudah bersinergi menjaga stok pangan dan harganya agar tetap stabil di pasaran.

"Kita semua menyambut baik harga kebutuhan pokok yang masih stabil dan terjangkau. Sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya di Bulan Ramadhan serta mempersiapkan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri," ujar Dito melalui keterangan tertulis, Minggu (27/5).

Dari hasil sidak pasar, ditemukan bahwa harga beras, daging, gula, dan minyak goreng masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Sedangkan harga ayam, telur, bawang putih dan merah, cabe, tomat, dan beberapa kebutuhan lainnya berada di bawah harg acuan pemerintah.

Dari laporan Badan Urusan Logistik (Bulog), ketersediaan dan harga kebutuhan pangan dipastikan terkendali. Bulog juga terus memonitor dan mempersiapkan pasokan jika stoknya berkurang.

Hal itu, kata Dito, membuktikan bahwa BUMN benar-benar hadir untuk masyarakat. Meski begitu, ia meminta masyarakat untuk sama-sama mengawasi agar ketersediaan pangan betul-betul terjaga.

"Seluruh lapisan masyarakat agar ikut sama-sama mengawasi ketersediaan pangan demi kebaikan bersama," ucap Politisi Partai Golkar itu.***