PALAS - Pemerintah Desa Sabarimba, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas mengalokasikan dana desa untuk pembangunan sarana fisik yang menyentuh kepentingan peningkatkan kemajuan desa dan masyarakat setempat. Alokasi pekerjaan pembangunan fisik yang sedang dikerjakan yakni pembangunan drainase sepanjang 45 meter, plat deker 1 unit serta jalan setapak rabat beton sepanjang 35 meter. Titik di lokasi berada di sekitar pemukiman warga yang menghubungkan jalan lingkar keliling desa.

Kepala Desa Sabarimba, Anwar Harahap didampingi Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Hotman Hasibuan, Uliama Siregar mengatakan, ada tiga item kegiatan yang menjadi skala prioritas desa dalam peningkatan pemerataan pembangunan yang menyentuh kepentingan warga.

Kegiatan tersebut berupa pembangunan drainase bertujuan mengatisipasi banjir dan lainnya telah dilaksanakan pekerjaan sesuai rencana.

Selain drainase, juga akan dibangun jalan rabat beton lingkar desa dan plat deker ke lokasi lahan persawahan masyarakat.

"Tujuan drainase ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi warga mendapatkan air untuk kebutuhan lahan persawahan secara maksimal, sehingga tidak terjadi kekeringan. Selain itu berfungsi sebagai saluran parit untuk mengatasi banjir jika memasuki musim penghujan," sebut Anwar.

Dengan adanya drainase ini, sambung dia, tentunya saluran air tidak lagi menggenangi rumah rumah warga yang berada di dataran rendah. "Dengan demikian, upaya penanggulangan banjir di pemukiman penduduk sudah dapat teratasi sesuai yang diharapkan," tegasnya disela peninjauan pelaksanaan pekerjaan pembangunan drainase bersama TPK, dan PLD Mahmud Nasution dan Tenaga Teknik Nova, Sabtu (26/5/2018) kemarin.

Prioritas yang tidak kalah pentingnya, lanjut Anwar yakni untuk memperlancar arus transportasi masyarakat keliling desa dalam mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan yang menjadi komoditi unggulan warga setempat sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga.

"Tentu dibutuhkan jalan setapak rabat beton ditambah 1 unit  jembatan plat deker," ungkapnya.

Penyataan senada disampaikan Ketua BPD Syamsuddin Harahap. Menurut dia, jalan setapak rabat berfungsi sebagai sarana lalulintas warga yang didukung jembatan penghubung antara parit yang selama ini menjadi keresahan bagi warga setempat.